Baru 5%, Petani Grabagan Lakukan Panen Jagung

Reporter: Lhoirul Huda

blokTuban.com - Jagung menjadi salah satu produk unggulan para petani yang berada di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban. Beberapa hari yang lalu, Mentri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman hadir saat panen raya jagung di Kecamatan Grabagan.

Namun hingga saat ini, Senin (14/3/2016), panen jagung yang dilakukan oleh petani yang berada di Kecamatan Grabagan masih terhitung sedikit, yakni baru sekitar lima persen dari semua luas lahan yang ditanami jagung.

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Grabagan, Syaiful Anam mengatakan, saat ini para petani yang melakukan panen baru sedikit, kurang lebih baru sekitar lima persen, dari semua lahan yang ditanami jagung. Pada tahun 2015, terdapat 6879 hektar lahan yang ditanami jagung yang tersebar di Kecamatan Grabagan.

"Para petani yang melakukan panen jagung baru sedikit, kurang lebih lima persen," ungkap Syaiful Anam, kepada blokTuban.com.

Meskipun kulit (klobot) jagung sudah berwarna kecoklatan. Namun hal ini menurut para petani, jagung belum benar-benar kering total, sehingga jagung masih dibiarkan. "Dan, para petani memilih tanam yang kedua di bawah jagung yang sudah mulai siap untuk dipanen tersebut," jelasnya.

Lanjut Syaiful Anam, diperkirakan panen jagung akan berakhir pada bulan April, "Kemungkinan tidak sampai bulan April akhir sudah panen semua," imbuhnya. [hud/rom]