Lalu Lintas Macet di Pasar Ternak Jatirogo

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Aktivitas pasar ternak yang ada di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, selalu bergeliat di Jum'at pagi setiap minggunya.

Pedagang atau pembeli ternak di pasar ini tidak hanya berasal dari Kecamatan Jatirogo dan sekitarnya. Banyak juga yang berasal dari kawasan Kabupaten Rembang. Karena, kecamatan Jatirogo merupakan wilayah ujung barat Tuban yang berbatasan langsung dengan tanah kelahiran RA Kartini.

Pantauan blokTuban.com, Jumat (12/2/2016), meski sudah tersedia lahan dan area jual beli ternak, tetapi aktivitas pedagang dan pembeli meluber keluar. Bahkan sampai di pinggir jalan akses yang menghubungkan antara Kabupaten Bojonegoro dengan Kecamatan Jatirogo yang masuk wilayah Kabupaten Tuban.

Akibatnya, arus lalu lintas di jalan alternatif ini terimbas macet. Kendaraan pengangkut ternak terlihat bercampur menjadi satu dengan kendaraan pribadi. Antrian kendaraan, terkadang sampai 200 meter. Tampak beberapa petugas kepolisian terlihat kuwalahan mengatur kendaraan supaya arus lalu lintas tetap bergerak.

Aktivitas ini, akan terulang kembali di siang hari menjelang salat Jum'at. Waktu dimana para pedagang mengakhiri aktivitas jual beli. Warga berharap ada lahan dan pengaturan khusus kendaraan ternak setiap hari Jum'at. Agar tidak mengganggu arus lalu lintas di tempat ini.

"Setiap Jumat pasti akan macet seperti ini, kendaraan perlu diatur lagi agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain," jelas salah satu warga, Stiyo (26), kepada blokTuban.com. [pur/rom]