Harga Cabai Fluktuatif Ikuti Stok Pasar

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Harga cabai rawit merah (CRM) maupun cabai merah keriting (CMK), saat ini fluktuatif atau naik turun. Setiap minggu harga bisa mengalami kenaikan dan juga bisa mengalami penurunan.

Salah seorang petani cabai, Tamaji (56) mengatakan, harga cabai rawit dan cabai keriting beberapa hari belakangan ini mengalami naik turun. Saat harga CMK naik selang beberapa hari CRM mengalami penurunan, tidak dapat diprediksi.

"Naik turun harga dipengaruhi oleh stok cabai di pasaran. Kalau stok sepi harga cabai dari petani bisa terdongkrak naik," ungkapnya.

Harga CRM tiap satu kilogramnya mengalami penurunan, lanjut Tamaji, sekarang mencapai Rp16.000 hingga Rp17.000. Pada seminggu lalu harga sempat tinggi, yakni Rp24.000 sampai Rp25.000.

"Berbeda dengan CRM atau masyarakat menyebutnya abang sret, harga CRM justru mengalai kenaikan. Saat ini per kilo mencapai Rp20.000, dbanding satu minggu lalu hanya Rp16.000 per kilonya," tambah warga Soko ini.

Sedangkan salah seorang pedagang, Suratmi (46), mengatakan harga beli pada pemasok di pasar terdapat selisih sekitar Rp3.000 ketimbang beli di petani langsung.

"Kalau beli dari petani langsung per kilo cabai rawit mencapai Rp20.000 dan cabai merah keriting mencapai Rp22.000," tutupnya. [dwi/rom]