Kupu-kupu Cantik di Hutan Lindung Krawak

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pemandangan berbeda nan menarik akan anda jumpai bila melintas di kawasan hutan beberapa hari terakhir. Salah satunya ada di kawasan hutan lindung di Sumber Mata Air Krawak, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Melintas di hutan lindung ini, akan disambut ratusan kupu-kupu. Hewan bersayap dengan warna putih kekuningan ini, tampak cantik berbaur di jalanan, semak, dan tumbuhan hutan yang lain.

Bagi penggemar fotografi, bisa jadi ini momen menarik untuk diabadikan. Hanya saja, diperlukan cara pengambilan gambar dengan detail atau menggunakan lensa khusus. Sebab, hewan ini sulit tertangkap kamera ponsel dari kejauhan.

"Sudah beberapa hari terakhir memang banyak kupu-kupu di hutan, biasanya sebentar lagi akan banyak ulat," kata salah seorang warga, Ngadiran (54), kepada blokTuban.com.

Melihat jumlahnya yang tak biasa, kupu-kupu ini sepertinya akan bertelur untuk menetaskan larva. Larva inilah yang kelak akan menjadi ulat dan akan kembali bermetamorfosis menjadi kepompong dan kembali menjadi kupu-kupu.

"Saat jadi kepompong, biasanya akan banyak orang mencarinya untuk dikonsumsi," jelas Ngadiran. [pur/ito]