Kementerian Agama Ajukan 151.489 Formasi ASN, 110.553 Disetujui

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas telah bertemu di Kantor Pusat Kementerian Agama, Jakarta, untuk membahas formasi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diusulkan oleh Kementerian Agama. 

Kementerian Agama telah mengajukan 151.489 formasi ASN kepada Kemenpan-RB, terdiri atas 61.708 formasi CPNS dan 89.781 formasi CPPPK. Dari jumlah itu, 110.553 formasi telah disetujui, dengan rincian 20.772 formasi CPNS dan 89.781 formasi CPPPK. 

"Bahwa jumlah formasi yang disetujui untuk tahun ini merupakan yang terbesar dalam sejarah enam tahun terakhir," ujar Azwar Anas. 

Dalam keterangan resminya, Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik persetujuan tersebut, menyebutnya sebagai yang terbesar dalam sejarah Kementerian Agama. 

"Kebutuhan formasi ASN yang besar ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk banyaknya ASN Kementerian Agama yang akan pensiun, pemekaran wilayah, dan alih status penegerian sekolah-sekolah di bawah naungan Kementerian Agama," sambung Yaqut. 

Selain membahas formasi calon ASN, pertemuan ini juga membahas fungsi penyuluh agama dalam memberikan pembinaan terkait isu lingkungan.

Sekaligus peran penghulu dalam memberikan perhatian kepada calon pengantin untuk memberikan nutrisi yang cukup kepada anak-anak mereka agar terhindar dari stunting. [Dwi/Ali]