Polres Tuban Petakan Dua Titik Lokasi Jadi Jalur Black Spot Saat Mudik Lebaran

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Jalur pantura Tuban dan Jalan Raya Tuban - Widang menjadi jalur yang dipetakan Polres Tuban sebagai jalur rawan kecelakaan (Black Spot), saat musim mudik Ramadan 1445 H/ 2024 M.

 

Kepada wartawan Kapolres Tuban AKBP Suryono mengatakan jika wilayah Kabupaten Tuban diprediksikan akan mengalami kenaikan volume kendaraan karena melihat kultur Kabupaten Tuban yang malah akan didatangi pemudik dari berbagai daerah.

 

“Kalau Tuban ini malah di datangi pemudiknya sepertinya , masyarakat tidak mudik,” ujar AKBP Suryono, Jumat (5/4/2024).

 

Lebih lanjut pria kelahiran Kabupaten Bojonegoro ini menjelaskan jika, ada dua lokasi yang diprediksikan menjadi jalur black spot di Kabupaten Tuban yaitu di jalur Pantura Tuban dan Jalan Raya Tuban-Widang.

 

Hal ini disebabkan karena trek kedua jalur yang cenderung lurus, hal ini menyebabkan banyak pengendara baik roda dua atau roda empat akan melajukan kendaraannya dengan gas penuh.

 

“Dua jalur tersebut cenderung lurus dan masyarakat biasanya akan ngebut dan hal tersebut sangatlah rawan,” imbuhnya.

 

Selain itu menurut Suryono nantinya saat mendekati hari raya jalan ring road Tuban juga bisa digunakan sebagai alternatif pengurai kemacetan atau pengurai kenaikan volume kendaraan di Kabupaten Tuban, sebab dari hasil koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR-PRKP) Tuban bahwa jalan ring road, pengerjaannya akan selesai sekitar 4-2 hari sebelum lebaran.

 

“Nanti jalan ringroad bisa menjadi alternatif mengurai kepadatan kendaraan, sebab menurut dinas pengerjaan akan selesai 4-2 hari sebelum hari raya,” pungkasnya.[Nur/Dwi]