Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba saat Arus Mudik, Sopir Bus dan Angkutan Umum di Tuban Jalani Tes Urine

Reporter : Muhammad Nurkholis

bloktuban.com - Deteksi dini penyalahgunaan narkoba. Pagi ini puluhan sopir angkutan umum di Kabupaten Tuban harus menjalani tes urine guna kelancaran mudik Ramadan 1445 H/2024 M, Jumat (5/4/2024).

Kegiatan yang diinisiatif oleh Badan Narkotika Kabupaten (BNNK) Tuban ini, dilakukan di terminal Kambang Putih Tuban. Terlihat para sopir bus dan angkutan umum dari berbagai jurusan, yang masuk ke terminal diminta untuk turun dan melakukan tes urine guna antisipasi penyalahgunaan narkoba saat arus mudik.

Kepala BNNK Tuban, Tri Tjahyono mengatakan jika aksi simpatik Bersinar (bersih tanpa narkoba) ditujukan agar memberikan rasa aman di jalan, bagi para para pemudik.

“Kegiatan ini adalah instruksi dari Rapimnas kemarin, guna mendeteksi dini para pengemudi serta agar memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujar Tri Tjahyono.

Lebih lanjut Tri juga membeberkan jika dalam kegiatan ini terdapat 45 pemudi yang dilakukan tes urine.

“Hari ini kita tes urine sebanyak 45 pengemudi, baik sopir bus dan angkutan umum,” imbuhnya.

Dalam tes urine tersebut, tidak ditemukan para sopir yang terindikasi menggunakan narkoba, dari hasil tes semuanya menunjukkan hasil negatif. dengan hasil ini, Tri berharap pengemudi atau sopir dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang melakukan kegiatan mudik.

“Kita tahu pengemudi adalah ujung tombak dalam arus mudik karena ia membawa masyarakat Alhamdulillah hari ini semua sopir negatif semua hasilnya,” bebernya.

Selain melakukan tes urin bagi para sopir, petugas BNNK Tuban juga melakukan pengecekan bagi para pemudik yang berada di dalam kendaraan apakah ada yang membawa obat-obatan berbahaya atau tidak.

“Kuta juga cek para pemudik apakah membawa obat berbahaya atau tidak tadi, alhamdulillah semuanya aman,” pungkasnya.[NUR/ono]