Penetapan 1 Syawal 1445 H akan Digelar 9 April 2024

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (Penetapan) 1 Syawal 1445 H pada Selasa, 9 April 2024, di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Rabu (3/4/2024). 

Data yang dihimpun dari Kemenag, sidang isbat akan diikuti oleh anggota Komisi VIII DPR RI, pemimpin MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan dari organisasi massa Islam, dan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Sidang ini akan dimulai dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, yang menunjukkan bahwa ijtimak terjadi pada Selasa, 29 Ramadan 1445 H / 9 April 2024 M, sekitar pukul 01.20 WIB. 

Kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) menegaskan bahwa posisi hilal tersebut memenuhi kriteria visibilitas hilal.

Kementerian Agama juga akan mengawasi penampakan hilal di beberapa provinsi. Penghitungan dan pengamatan hilal tersebut akan dijadwalkan dan disetujui dalam sidang isbat.

Pelaksanaan sidang isbat merupakan penetapan formal sesuai undang-undang, yang wajib dilakukan meskipun posisi hilal sudah diketahui, karena sidang isbat juga merupakan forum silaturahmi dan literasi. [Ali/Dwi]