Pantai Kelapa Tuban Sepi Pengunjung, Hanya Dikunjungi 10-30 Orang Selama Bulan Puasa

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada momentum bulan Ramadan 1445 hijriah atau 2024 Masehi, kunjungan di Wisata Pantai Kelapa Tuban mengalami penurunan yang cukup signifikan, sejak awal puasa. 

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Tuban, Muhasan mengatakan selama bulan Ramadan ini, kunjungan di wisata satu ini menurun hingga 99 persen. 

"Menurun drastis mbak sekitar 99 persen, nyaris tidak ada kunjungan," jelasnya kepada blokTuban.com, Selasa (9/3/2024). 

Kondisi tersebut, jelas jauh berbeda jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Pasalnya, biasanya kunjungan di pantai yang terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban paling sedikit 200 pengunjung. 

Sementara pada bulan puasa ini, kunjungan hanya berkisar 10 hingga 30 orang saja. Bahkan, seringkali tidak ada pengunjung sama sekali. 

"Kali ini tinggal antara 10-30 orang pengunjung saja mbak, terkadang juga zonk," katanya. 

Meski demikian, Hasan sapaan akrabnya mengaku tidak kaget dengan kondisi saat ini. Sebab, sepinya pengunjung pada bulan Ramadan selalu terjadi setiap tahunnya. 

Oleh karena itu, meskipun sepi pengunjung, namun Pantai Kelapa buka setiap hari seperti hari-hari biasa. Yaitu mulai pukul 08.00 hingga 17.00 Wib. 

"Memang demikian kondisinya setiap hari selama Ramadan, tentang wisatanya tetap buka, namun pedagang wajib tutup," imbuhnya. [Sav/Ali]