Resep Memasak Ketupat dan Lepet untuk Tradisi Malam Nisfu Syakban

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tradisi memasak ketupat pada malam Nisfu Sya'ban atau malam setengah bulan Sya'ban memang lazim dilakukan oleh sebagian masyarakat muslim secara turun temurun di beberapa daerah di Indonesia. 

Banyak yang meyakini bahwa memasak ketupat pada malam Nisfu Sya'ban adalah suatu bentuk ibadah dan doa untuk memohon berkah serta ampunan kepada Allah SWT. Selain itu, ada juga yang meyakini bahwa ketupat yang dimasak pada malam Nisfu Sya'ban memiliki keistimewaan tersendiri, seperti memberikan berkah dan perlindungan dari berbagai musibah.

Memasak ketupat tentu satu paket dengan lepet. Jika ketupat terbuat dari beras yang dimasak dengan cara dibungkus dalam anyaman janur kelapa dan direbus, sementara lepet berisi ketan dan campurna kacang yang dibungkus memanjang.

Yuk simak resep membuat ketupat dan lepet berikut ini untuk persiapan mengikuti tradisi malam Nisfu Sya'ban.

Bahan-bahan
Bahan ketupat:
18 ujung janur/ daun kelapa
secukupnya beras

Bahan lepet:
10 ujung janur kuning
250 gram beras ketan
50 gram kacang merah
1/2 buah kelapa, parut
sejumput garam

Cara membuat
1. Buat bungkus ketupatnya terlebih dahulu. Kemudian isi dengan beras, isi ¼ bagian saja.
2. Jika sudah sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya rendam beras ketan dan kacang merah selama 2 jam, kemudian tiriskan.
3. Masukkan parutan kelapa dan garam lalu aduk sampai merata.
4. Ambil satu janur lalu bentuk oval agak panjang seperti gambar. Ambil secukupnya adonan lalu tutup dan ikat dengan pelepah pohon pisan yang sudah disuwir kecil-kecil.
5. Lakukan hal serupa sampai adonan beras ketan habis.
6. Jika semua sudah siap selanjutnya tinggal merebus. Rebus secara bersama ketupat dan lepetnya, tuangkan air sampai ketupat dan lepet terendam.
7. Rebus ketupat dan lepet kira-kira selama 3 jam. Jika sudah matang, matikan apai lalu keluarkan dari dandang dan tiriskan.
8. Ketupat dan lepet bisa langsung dimakan, atau dicocol dengan sambal kelapa. Bisa juga ketupat dihidangkan dengan sayur lodeh atau opor, tergantung selera.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS