Eksis Puluhan Tahun, Ternyata Ini Rahasia Warung Belut Cemplon di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Saat musim hujan berlangsung, banyak masyarakat yang berburu makanan. Pasalnya, pada saat cuaca dingin perut akan mudah terasa lapar. 

Salah satu rekomendasi makanan yang cocok dimakan pada saat musim penghujan Ialah rica-rica belut dan juga becek mentok. Dimana, kedua makanan ini bisa kalian dapatkan dengan mudah di Kabupaten Tuban. 

Termasuk Warung Belut Cemplon, yang berada di Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Meski dari luar tampak sederhana, namun pelanggan tak pernah surut menyambangi tempat tersebut. 

Bahkan, Sumarmi, pemilik warung mengaku jika usahanya ini sudah dirintisnya sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Sabtu (17/2/2024). 

"Sudah lama sekali mbak ini saya mulainya mungkin kamu belum lahir, sekitar tahun 1990-an," ujarnya mengawali bercerita. 

Untuk bisa mempertahankan warung makannya diera gempuran makanan baru yang bermunculan, Sumarmi mengungkapkan bahwa ia tidak memiliki rahasia ataupun strategi apapun. 

Hanya saja, bumbu atau rasa dari masakannya tersebut, tidak pernah berubah sejak tahun 1990-an lalu. Hal itulah, yang membuat para pelanggan selalu setia untuk mencicipi masakan dari perempuan ramah ini. 

"Sekarang sudah ada cabangnya, anak saya yang buka jadi ada Cemplon 1 dan Cemplon 2. Nggak ada yang khusus, tapi memang resepnya tidak pernah berubah, dari dulu ya seperti ini," bebernya. 

Selain rasa makanannya yang konsisten tidak pernah berubah, hal lain yang menjadi daya tarik ialah harganya yang terbilang sangat ramah dikantong. 

Sebab, jika pada umumnya rica-rica belut dan becek mentok dijual dengan harga Rp30 ribu per porsi, di Warung Belut Cemplon ini hanya dijual dengan harga Rp8-10 ribu saja satu porsinya. 

"Kalau harga belut per porsinya Rp8 ribu, dan becek mentoknya Rp10 ribu per porsi. Kalau pakai nasi jagung tambah Rp2 ribu per porsi," jelasnya. 

Sekedar diketahui, selain rica-rica belut dan becek mentok. Di Warung Belut Cemplon ini juga menyediakan becek ayam Rp10 ribu, jerohan Rp10, dan beberapa minuman. [Sav/Dwi]