Resep Gulai Tunjang (Kikil) Masakan Khas Rumah Makan Padang

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Gulai kikil atau tunjang memiliki ciri dengan kuah kental dan rempah-rempah khas. Masakan ini cukup populer, terutama di daerah Sumatera dan Jawa Barat. 

Gulai tunjang atau kikil biasanya dimasak dengan santan, rempah-rempah seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas, dan daun jeruk, sehingga memberikan cita rasa yang khas dan aroma yang harum.

Meskipun tidak semua orang menyukai atau mengonsumsi masakan ini, bagi mereka yang menyukainya, gulai tunjang atau kikil menjadi salah satu hidangan favorit yang sering disantap, terutama sebagai pelengkap nasi hangat. Yuk simak bagaimana membuat gulai tunjang selengkapnya.

Bahan-bahan
1 kg tunjang sapi
2 bungkus kecil santan instan

Bumbu halus:
15 siung bawang merah
7 siung bawang putih
15 buah cabe merah keriting
6 buah rawit merah
2 ruas kunyit
4 buah kemiri sangrai
2 ruas jahe
1 sdm ketumbar
1 sdm merica

Bumbu cemplung:
2 batang serai
4 lembar daun salam
10 lembar daun jeruk kecil-kecil
1,5 jempol tangan laos
2 mata asam mateng

Cara Membuat
1. Presto tunjang/ kikil yang sudah dicuci bersih dengan 2 lembar daun salam, jahe dan laos diluar bumbu yang tertera di atas selama kurang lebih 30-40 menit.
2. Haluskan semua bumbu halus dengan air dan minyak. Lalu tumis beserta bumbu cemplungnya. Tumis hingga benar-benar matang.
3. Jika bumbu sudah matang masukan tunjang dan kaldunya tapi saring jika takut amis.
4. Bumbui dengan garam, gula, dan kaldu bubuk sapi. Masak Tutup saja biar bumbu meresap kedalam tunjangnya. Masak dengan api kecil kurang lebih 30 menit.
5. Jika sudah empuk dan meresap tambahkan 2 bungkus santan kara uk kecil. Masak kembali sekitar 10 menit dengan api kecil sambil sesekali diaduk. Jika sudah siap dinikmati.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS