Resep Steak Vegan dari Tahu dan Tempe Tak Kalah Lezat dari Daging

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Memasak steak vegan bagi penganut vegetarian bisa menjadi pengalaman yang sama nikmatnya seperti memasak steak daging. 

Dengan menggunakan bahan-bahan yang kreatif dan beragam rempah-rempah serta teknik memasak yang tepat, para vegan dapat membuat hidangan steak vegan yang lezat dan memuaskan. 

Bahan-bahan seperti tahu, tempe dan jamur dapat memberikan tekstur yang menarik dan berbeda-beda, tergantung pada cara memasak dan persiapan

Hidangan vegan cenderung lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol daripada steak daging. Selain itu, memasak hidangan vegan juga lebih ramah lingkungan karena mengurangi dampak negatif industri peternakan.

Berikut resep selengkapnya membuat steak vegan, yuk simak bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan
Bahan steak:
100 gr tempe
50 gr tahu
3 buah jamur kancing, iris tipis
25 gr tepung terigu
1/2 sdt garam himalaya
1/2 sdt blackpaper
2 sdm air
2 sdm minyak kelapa

Bahan saus:
4 sdm saus tomat
75 ml air
1/2 sdt garam himalaya
1/4 sdt gula kelapa atau gula tropicana
1/4 sdt rosemary

Sayur pelengkap:
100 gr kentang, potong dadu
100 gr brokoli
1 buah wortel, potong memanjang
10 buah baby buncis, potong bagi 3

Cara Membuat
1. Kukus tempe sampai matang, lalu masukkan tempe dan tahu dalam sebuah wadah dan haluskan, lalu tambahkan jamur kancing dan semua bahan vegan kecuali minyak kelapa. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.
2. Masukkan minyak kelapa ke dalam teflon yang sudah dipanaskan. goreng vegan stick dengan api kecil agar matang merata hingga kedalam. Goreng hingga kuning keemasan, kemudian angkat dan sisihkan.
3. Siapakan bahan saus. Masak dalam wajan, saus tomat, air, garam, gula, blackpaper dan rosemary, aduk rata, masak sampai mendidih. Sisihkan
4. Kukus, brokoli, wortel, kentang dan buncis sampai matang. Lalu angkat dan masukkan dalam air es selama 3 menit, lalu tiriskan. Sisihkan. 
5. Tata vegan steak dan sayuran yang sudah direbus di atas tempat penyajian. Siram dengan saus dan sajikan.

 

Temukan konten blokTuban.com lainnya di GOOGLE NEWS