Peringatkan Tak Ada Vandalisme di Ruang Terbuka Hijau Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Bupati Tuban, Adiya Halindra Faridzky telah meresmikan dua Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kecamatan Singgahan dan Jatirogo. Ditargetkan setiap kecamatan di Bumi Wali memiliki RTH. 

RTH Singgahan dan Jatirogo memiliki area pentas cukup luas, area olahraga seperti lapangan voli dan basket. Hal ini bertujuan public space sebagai tempat berekspresi, berinteraksi, berolahraga, dan memunculkan berbagai ide kreatif dari masyarakat. 

“Bisa dijadikan tempat pengajian, diskusi, olahraga, dan sebagainya,” ucap Bupati Lindra, Rabu (7/2/2024). 

Dengan adanya RTH tersebut, diharapkan pula bisa berimbas pada munculnya ekonomi baru.

“Kita akan menampung usulan dari masyarakat, karena nantinya akan dibangun sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar,” imbuhnya. 

Lindra berharap, masyarakat dapat menjaga fasilitas publik tersebut dengan baik, dengan tidak melakukan perusakan, vandalism, dan membuang sampah pada tempatnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) menjelaskan, keberadaan RTH sangat penting, sebab berpengaruh pada Indeks Kualitas Lingkungan Hidup, di mana daerah harus memiliki cakupan lahan terbuka, dengan ditanami tanaman tegak tahunan.

Adapun RTH Singgahan dan Jatirogo berdiri di lahan seluas 2 hektare. Pembangunan dua RTH ini menelan dana APBD sebesar 7 Milyar rupiah. 

Untuk itu, Bambang mengingatkan agar masyarakat dapat memanfaatkan public space ini dengan maksimal.

Di kesempatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon serta pelepasan burung oleh Bupati Tuban dan undangan lainnya. 

Peresmian RTH dihadiri perwakilan Forkopimda, Sekda Tuban, Kepala OPD, Camat, Perwakilan Bank Jatim, Kepala Desa di Singgahan dan Jatirogo, organisasi masyarakat, dan pelajar. [Ali/Dwi]