Bus Angkutan Gratis Pelajar dan Masyarakat Tuban Diluncurkan, Ini Jam Operasional dan Rute

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban secara resmi meluncurkan sebuah angkutan umum bagi para pelajar secara gratis, Selasa (6/2/2024). 

Angkutan gratis yang telah disediakan yaitu berupa bus dengan kapasitas 40-50 orang, dan dinamai Bus Simas Ganteng (Transportasi Masyarakat Tuban Yang Elegan Aman Nyaman Dan Terintegrasi). 

Kepada wartawan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengatakan saat ini Pemerintah Kabupaten Tuban baru bisa menyediakan 10 unit bus, namun jika kedepannya memang dirasa masih kurang maka direncanakan akan ada penambahan di tahun berikutnya.

"Ini baru stimulan pertama, jika memang ini dirasa atau perlu peningkatan-peningkatan, nanti tahun depan akan kita evaluasi, kalau perlu kita tambah, kita akan tambah,” ujar Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky. 

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Lindra ini menceritakan, jika program ini didasari dari keluh kesah para wali murid yang memiliki anak yang sekolah di beberapa wilayah Kabupaten Tuban terkait sulitnya mendapatkan transportasi untuk pergi ke sekolah. 

Dengan hal tersebut, Pemkab Tuban kemudian berinisiatif memberikan pelayanan angkutan gratis kepada para pelajar di kabupaten. 

“Angkutan ini gratis, untuk para siswa-siswi baik di swasta atau negeri,” imbuhnya. 

Masih kata Lindra, selain sebagai pelayanan pendidikan kepada siswa-siswi di Kabupaten Tuban, transportasi ini juga nantinya akan dioperasikan untuk transportasi masyarakat umum. Untuk teknisnya pada pukul 05.00 WIB hingga 07.00 WIB akan dikhususkan untuk para pelajar yang hendak berangkat sekolah. 

Sedangkan nantinya pada pukul 07.00 WIB ke atas, bisa digunakan untuk masyarakat umum juga pariwisata, sebab bus ini nantinya akan terkonektivitas dengan beberapa pariwisata yang ada di Kabupaten Tuban. 

Selain itu inovasi di bus ini, nantinya akan menggunakan sistem digitalisasi. Di mana orang tua bisa memonitor anak atau murid melalui aplikasi yang sudah disediakan Pemerintah Kabupaten. 

“Nantinya orang tua bisa memantau anaknya saat mengendarai bus. Selain itu untuk pembayaran juga kita akan menggunakan e-money,” bebernya. 

Untuk rute bus Tuban Kota 2 bus, Jatirogo-Kenduruan 1 bus, Senori- Bangilan-Singgahan 1 bus, Widang-Tuban 1 bus, Senori-Saringembat-Singgahan 1 bus, Klotok-Prambon-Plumpang 1 bus, Rengel-Soko-Parengan 1 bus, Tambakboyo-Kerek-Merakurak 1 bus, Grabagan-Rengel 1 bus. 

Lindra juga membeberkan jika 10 bus ini oleh Pemerintah Kabupaten Tuban dianggarkan sebesar Rp13 miliar. Dengan hal tersebut Lindra juga berharap adanya bus gratis untuk pelajar, bisa menjadi solusi untuk menekan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Tuban. [Nur/Ali]