Gelar Demo Depan Kantor Pemkab, Aksi Buruh di Tuban Sempat Dihalangi Warga
Reporter : Savira Wahda Sofyana
 
blokTuban.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal (FSPMI) Kabupaten Tuban, mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban guna meminta keadilan. 
 
Hal tersebut, buntut belum dibayarnya upah para eks pekerja PT Delta Indratama Orion (DIO) yang bertempat di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.
 
Sebelum menggelar aksi di depan Kantor Pemkab Tuban, ratusan buruh tersebut melewati beberapa rute jalan dengan melakukan orasi. Namun, sesampainya di Desa Socorejo, masa aksi sempat dihalangi oleh segerombolan orang, hingga sempat terlibat cekcok mulut. 
baca juga:
 
Ketua FSPMI Kabupaten Tuban, Duraji membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, terdapat beberapa orang yang mencoba menghadang pihaknya, saat melewati jalan Pantura. 
 
"Kami melewati jalan-jalan yang sudah ditetapkan oleh Undang-undang, dalam taraf itu kita tidak ada yang melanggar. Ada beberapa orang yang menghadang kami yang mencoba melewati jalur Pantura," katanya, Kamis (1/2/2024). 
 
Menurutnya, ia tidak mengetahui siapa dan dari mana asal segerombolan orang-orang yang menghadangnya tersebut. 
 
Oleh karena itu, untuk mengindari adanya konflik di tempat tersebut, maka ratusan buruh itu terus berjalan dan menghindari segerombolan orang tersebut. 
baca juga:
 
"Sempat dihalang-halangi iya, tapi kita tidak mau terprovokasi sehingga urusan dan tujuan kami di Pemkab, maka kami tidak mengurusi tentang itu," imbuhnya. [Sav/Dwi]