Progam BKK, Wujud Komitmen SMKN 2 Tuban Tekan Angka Pengangguran

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Fasilitasi pelajar agar siap kerja pasca lulus sekolah, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Tuban, terus berkomitmen adakan kegiatan Bursa Kerja Khusus (BKK), Kamis (1/2/2024). 

Seperti halnya pagi ini, antusias peserta bisa terlihat, dengan adanya sekitar 257 siswa siswi dari berbagai sekolahan yang ada di Tuban berbondong-bondong datang ke SMKN 2 Tuban, untuk mengikuti BKK. 

baca juga:

Dana BOS Madrasah dan BOP RA Rp4,385 Triliun Cair, Cek Rinciannya!

BKK sendiri adalah sebuah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan di SMKN 2 Tuban guna menyiapkan lapangan pekerjaan bagi para pelajar di Kabupaten Tuban. Tujuannya, agar usai mereka menyelesaikan pendidikannya, bisa langsung terjun di dunia kerja. Bahkan dari komitmen tersebut di Tahun 2022 SMKN 2 Tuban mendapatkan juara 3 provinsi lomba BKK.

“SMKN 2 Tuban, menjadi pusatnya BKK di Tuban, dari beberapa perusahaan. Bahkan di tahun 2022 kita menjadi juara 3 provinsi,” ujar Kepala Sekolah SMKN 2 Tuban, Heny Indriana. 

Lebih lanjut Heny juga menjelaskan jika peminat kegiatan BKK ini begitu tinggi, bahkan di tahun-tahun sebelumnya. Terdapat berbagai siswa-siswi dari luar Kabupaten Tuban yang rela jauh-jauh datang je SMKN 2 Tuban guna mengikuti kegiatan BKK. 

Namun, melihat antusiasme dari pelajar lokal Tuban yang juga tinggi, maka di tahun 2024, kegiatan BKK ini lebih difokuskan bagi para pelajar di Kabupaten Tuban saja. 

baca juga:

Siswa-siswi SMK Miftahul Hikmah Parengan Tuban Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Kemudian, wanita kelahiran Kabupaten Blitar ini juga mengatakan, jika kegiatan BKK yang dilakukan oleh SMKN 2 Tuban tak hanya menggandeng satu perusahaan saja, dalam satu tahun SMKN 2 Tuban, akan menggelar 2-3 kali kegiatan BKK dengan berbagai perusahaan berbeda. 

“Sebagai center lokasi kegiatan BKK di Tuban, kita dalam satu tahun juga mengadakan 2-3 kali kegiatan BKK dengan berbagai perusahaan berbeda,” imbuhnya. 

Heny berharap agar siswa siswi di Tuban khusususnya SMKN 2 Tuban bisa memanfaatkan kegiatan seperti ini semaksimal mungkin, agar usai lulus sekolah mereka tidak usah bingung mencari kerja, atau dengan pengalaman yang telah didapatkan di dunia kerja atau di sekolah, nantinya para lulusan bisa berwirausaha dan malah membuka lowongan pekerjaan.

Begitupun bagi para siswa-siswi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi Heny berharap agar nanti nya mereka bisa bisa masuk perguruan tinggi yang dituju. 

Sementara itu staf HRD PT. Bumi Menara lnternusa (BMI), yang hari ini menjadi perusahaan  dalam kegiatan BKK ini, mengatakan jika pemilihan SMKN 2 Tuban sebagai lokasi diselenggarakan BKK lantaran rekrutan dari SMKN 2 Tuban memiliki integritas yang tinggi. 

“BMI menggandeng SMKN 2 Tuban, sudah lama, karena SMKN 2 Tuban dari awal kerjasamanya bagus, komitmennya bagus, banyak bertahan, dan SMKN 2 Tuban ini terbaik di Tuban, mangkanya kita memilih SMKN 2 Tuban sebagai centernya di Tuban,” ujar Budiono staf HRD PT. BMI. 

Bahkan dalam rekrutan kali ini Budiono tak membatasi berapa orang yang akan lolos, jika nantinya semua siswa-siswi ini masuk dalam kriteria maka, bisa diambil semua. 

“Jika semua masuk kriteria maka bisa kita ambil semua,” pungkasnya. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS