Jelang Pemilu 2024, KPU Tuban Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara
Reporter : Savira Wahda Sofyana
 
blokTuban.com - Menjelang Pesta Demokrasi yang tinggal menghitung hari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar simulasi pemungutan suara dan perhitungan suara serta penggunaan Sirekap, dalam Pemilu tahun 2024 yang bertempat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kecamatan Tuban. 
 
Ketua KPU Tuban, Fatkul Huda menjelaskan jika simulasi pemungutan suara dan perhitungan suara ini merupakan kegiatan kedua yang telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Tuban. 
 
"Kita melakukan simulasi pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS yang kedua kalinya. Jadi memang hari H kita tinggal 13 hari lagi," ujarnya, Rabu (31/1/2024). 
baca juga:
Harapannya, dengan kegiatan ini seluruh pihak yang terlibat di TPS dapat memahami secara utuh, bagaimana proses pemungutan dan perhitungan suara di TPS
 
Sebab dengan kegiatan seperti ini juga dapat menjadi momen untuk mengingatkan kepada petugas KPPS, ketika melaksanakan tugas pada saat Pemilu 2024 berlangsung. 
 
"Meskipun hanya mengumumkan surat suara, tapi itu juga bagian dari transparansi kita. Berapa surat suara yang diterima, kemudian setelah selesai berapa yang digunakan, berapa yang rusak dan itu harus diketahui bersama," katanya. 
 
Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini sendiri melibatkan anggota KPPS yang telah dilantik, petugas Linmas, warga sekitar, saksi hingga Partai Politik. 
baca juga:
 
Selain menggelar simulasi, pria yang akrab disapa Fatkul ini mengaku jika pihaknya sedang menyiapkan SDM KPPS di TPS, dengan memastikan anggota KPPS memahami proses yang harus dilakukan di TPS pada hari pemilihan mendatang. 
 
"Kita pastikan teman-teman KPPS memahami prosedur, proses dan ketentuan yang harus dilakukan di TPS nanti," imbuhnya. [Sav/Dwi]
 
 
 
 Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS