Viral Tradisi Seserahan Jor-joran di Tuban, Mulai Sapi hingga Gabah Puluhan Karung 
Reporter: Savira Wahda Sofyana
 
blokTuban.com - Berbeda dengan seserahan pernikahan pada umumnya, di Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini masyarakat memiliki cara unik saat memberikan seserahan. 
 
Bagaimana tidak, seserahan untuk calon pengantin yang umumnya berupa perhiasan, baju ataupun makeup. Di desa tersebut, justru membawa seserahan yang terkesna jor-joran. 
 
Tak main-main, pengantin tersebut membawa seserahan berupa satu ekor sapi, hingga puluhan gabah yang diangkut oleh iringan sepeda motor. 
baca juga:
 
Hal tersebut, terlihat dari video yang dibagikan oleh akun @Arip Maulana dalam grup facebook Media Informasi Orang Tuban (MIOT). 
 
"Wayahe musim becek dulur, Deso Gaji Kerek (Waktunya musim becek, Desa Gaji Kecamatan Kerek)," terangnya dikutip blokTuban.com, Selasa (30/1/2024). 
 
Video yang diunggah tersebut, tentu mengundang berbagai komentar dari netizen. Salah satu akun yang turut berkomentar @Riy****ra mengatakan jika adat tersebut merupakan simbol kemakmuran rumah tangga dan kesungguhan dalam bekerja. 
baca juga:
"Simbol kemakmuran rumah tangga dan kesungguhan dalam bekerja, demi menjalin hubungan suami-istri yang sakinah mawadah warahmah, tetap semangat mencari nafkah," katanya. 
 
Sementara saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, pemilik akun menjelaskan jika tradisi ini sudah berlangsung sejak zaman dahulu, dan masih tetap berlangsung hingga saat ini. 
 
"Memang betul sampai sekarang di Desa Gaji tradisi itu masih banyak yang melakukan," imbuhnya. [Sav/Dwi]
 
 
Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS