PWI Tuban Goes To Campus Ajak Pemilih Pemula Melek Politik 
Reporter: Savira Wahda Sofyana
 
blokTuban.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban menggelar kegiatan goes to campus, dengan mengangkat tema Peran Pemilih Pemula di Tengah Tahun Politik, yang bertempat di Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban.
 
Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban, Ketua Yayasan Unirow, Rektor Unirow, serta Polres Tuban. 
 
Dalam kegiatan yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa serta perwakilan SMA/MA dan SMK se-Kabupaten Tuban tersebut, dihadiri oleh tiga pemateri sekaligus. Diantaranya ialah Perwakilan PWI Tuban Dwi Setiawan, Ketua Bawaslu Tuban M. Arifin, dan juga Komisioner KPU Tuban Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Zakiyatul Munawaroh. 
 
Ketua PWI Tuban Suwandi mengungkapkan jika kegiatan PWI goes to campus ini merupakan agenda rutin, yang digelar oleh PWI setiap tahunnya.
 
Namun, karena pada tahun ini bertepatan dengan kegiatan politik, maka kegiatan goes to campus kali ini mengambil tema tentang politik.
 
"Kebetulan hari ini momennya adalah politik sehingga kami PWI memberikan edukasi politik kepada pemilih pemula. hari ini kita juga menggandeng Bawaslu KPU dan Polres Tuban," ujarnya, Selasa (30/1/2024). 
 
Melalui kegiatan ini, pria yang akrab disapa Wandi ini berharap agar pemilih pemula dapat teredukasi dan mengerti terhadap peran serta tugasnya sebagai pemilih pemula, sehingga tidak Golput (Golongan Putih). 
 
Disis lain, setelah mengikuti kegiatan ini, para mahasiswa ataupun siswa yang hadir dapat turut serta, untuk mengawasi setiap tahapan Pemilu yang ada. 
 
"Jadi kegiatan ini sangat penting, karena kita memberikan edukasi agar mereka tidak Golput dan siswa diminta untuk ikut pengawasan setiap tahapan di pemilu karena sudah dibekali dari penyelenggara pemilu," katanya. 
 
Lebih lanjut, memberikan edukasi kepada para peserta, dalam kegiatan Goes to campus ini, juga terdapat deklarasi Pemilu damai dan tolak Golput, yang ditandai dengan penandatanganan bersama. [Sav/Dwi] 
 
 
Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS