Belasan Seniman Unjuk Gigi Dalam Pameran Lukisan Titik Kumpul di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Belasan seniman dari berbagai kota yang ada di Jawa Timur, berunjuk gigi dalam ajang pameran lukisan bertajuk Titik Kumpul yang digelar di Gedung Budaya Loka Tuban, tepatnya di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. 

Penanggung jawab pameran, Siswandi mengungkapkan jika pameran Titik Kumpul ini merupakan agenda kedua yang diadakannya, setelah tahun 2023 kemarin. 

Dalam kesempatan tersebut, total ada 19 seniman yang turut memamerkan hasil karyanya, baik seniman dari Kabupaten Tuban maupun luar Tuban. 

"Disini ada 19 seniman dari 6 kota, yaitu dari Tuban, Surabaya, Lamongan, Gresik, Yogyakarta, dan juga Batu," katanya kepada blokTuban.com, Rabu (24/1/2024). 

baca juga:

Pameran 60 Karya Lukis Seniman Lokal Tuban

Adapun kegiatan pameran kali ini, lanjutnya, mengangkat tema Glowing. Dimana, kata Glowing ambil dari banyaknya masyarakat yang berlomba-lomba membuat diri mereka glowing.

Sehingga dari tema tersebut, Siswandi bersama kawan-kawannya Ingin menekankan kepada masyarakat, agar tidak hanya memperindah permukaan saja, namun juga hati atau dalamnya.

"Glowing juga harus dari hatinya, namun setiap perupa memiliki sudut pandangnya masing-masing, untuk menerjemahkan glowing itu," tuturnya. 

Disisi lain, pria ramah ini mengaku jika pada pameran kali ini, ada sekitar 39 karya yang dipajang, baik seni rupa 2 dimensi, 3 dimensi, maupun instalasi. 

baca juga:

Anak SD di Tuban Tumpahkan Ide dan Gagasan Dalam Lukisan

Lebih lanjut, dengan diselenggarakannya kembali kegiatan ini. Maka Siswandi berharap agar ke depannya pameran seperti ini dapat digelar setiap tahun di Kabupaten Tuban. 

"Dengan adanya event seperti ini akan memantik untuk siapa saja yang mengapresiasi. Seperti penikmat seni dan pengunjung, bisa mendapatkan pengalaman baru baik secara imajinatif maupun visual," imbuhnya. 

Sekedar diketahui, pameran Titik Kumpul ini, digelar sampai tanggal 30 Januari 2024 mendatang. [Sav/Dwi] 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS