Imbas Demo Buruh FSPMI, Separuh Jalur Pantura Tuban Lumpuh Sepanjang 2,8 Kilometer

Reporter : Muhammad Nurkholis 

blokTuban.com - Dampak demo buruh, jalur Pantura Tuban tempatnya di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban hanya dioperasikan satu jalur (Contraflow), Senin (15/1/2024). 

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan penggunaan contraflow jalan Pantura, lantaran separuh jalan digunakan oleh para demonstran Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Tuban untuk melakukan demo di depan kantor PT.Delta Indratama Orion. 

“Rekayasa lalu lintas ini kita gunakan sistem Contraflow,” ujar Kanit Keamanan Keselamatan Berlalulintas (Kamsel) Satlantas Polres Tuban Ipda Garmani di lokasi. 

Dengan hal tersebut beberapa kendaraan yang hendak melintas harus bergantian baik dari arah Semarang ke Surabaya ataupun sebaliknya. 

Bahkan terpantau dari aplikasi Google Map mulai dari jembatan Karangdowo hingga Pelabuhan PT. Solusi Bangun Indonesia dengan jarak sekitar 2,8 kilometer, memiliki warna merah yang menandakan hal tersebut terjadi kemacetan. 

Sebagai informasi tambahan, dalam aksi yang digelar oleh FSPMI Kabupaten Tuban diikuti sekitar 500 orang, mereka membawa 3 tuntutan yang dibawa, diantaranya:

1. Menuntut PT.Delta Indratama Orion segera membayarkan kekurangan gaji & uang makan pekerja sub PT. Industri Kemasan Semen Gresik

2. Menuntut PT.Delta Indratama Orion untuk memberikan kepastian terkait Uang Pesangon/akhir kontrak.

3. Menuntut PT. Delta Indratama Orion segera membayarkan jaminan sosial dan Bpjs Ketenagakerjaan yang tertunggak.

[Nur/Ali]