Rawan Gangguan, PLN Temukan Belasan APK Dipasang Dekat Instalasi Listrik

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Maraknya Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho ataupun spanduk calon legislatif atau calon presiden hampir ditemukan di setiap sudut Tuban. Hal ini rupanya menjadi atensi khusus petugas Unit Layanan Pelanggan (ULP) Perusahaan Listrik Negara (PLN) setempat. 

Bagaimana tidak, pemasangan APK tersebut dilakukan secara sembarangan. Tentu dapat mengganggu aliran listrik, apabila dipasang terlalu dekat dengan instalasi listrik. Baik di gardu trafo, tiang listrik, hingga di dekat kabel listrik. 

Manager ULP PLN Kabupaten Tuban, Agus Riyadi menjelaskan pemasangan APK yang terlalu dekat dengan instalasi listrik, dapat membahayakan terlebih jika APK dalam keadaan basah. 

"Akibatnya jika APK basah dan terbuat dari kain plastik atau besi bisa mengalirkan arus listrik," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (9/1/2024). 

Oleh karena itu, untuk meminimalisir adanya gangguan yang terjadi akibat pemasangan APK yang berdekatan dengan instalasi listrik, maka Agus sapaan akrabnya telah melakukan inspeksi untuk mengecek di lapangan. 

Hasilnya, pihaknya menemukan kurang lebih 12 APK yang berada di enam lokasi ditemukan jaraknya berdekatan dengan instalasi listrik. 

"Enam lokasi itu semuanya satu jalur mbak, di depan Hotel Charis baik kanan maupun kiri jalan," katanya. 

Setelah mendapati adanya APK yang mengganggu, maka petugas PLN langsung menganjurkan agar APK tersebut segera dipindah atau diturunkan dari tempatnya semula. [Sav/Ali]