Tanggulangi Banjir, Warga Soko Tuban Berswadaya Perbaiki Tanggul 
Reporter    : Savira Wahda Sofyana
 
blokTuban.com - Memasuki musim penghujan di awal tahun 2024 ini, ratusan warga yang tinggal di Dusun Gandu, Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban berbondong-bondong melakukan swadaya perbaikan tanggul di lingkungan setempat. 
 
Kepala Dusun (Kadus) Gandu, Sutikno mengatakan jika perbaikan yang dilakukan oleh warganya tersebut, bertujuan untuk menanggulangi banjir yang sudah menjadi langganan di tempat tinggalnya itu. 
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk menanggulangi bencana banjir yang biasa datang setiap musim hujan mbak," ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (5/1/2024). 

baca juga:

 
Swadaya ini, lanjutnya, dilakukan oleh masyarakat setempat, lantaran tanggul yang biasa menopang debit air longsor, akibat meluapnya kali avur yang terjadi pada pertengahan bulan Desember 2023 lalu. 
 
Melihat kondisi curah hujan yang mulai meningkat, akhirnya masyarakat berinisiatif untuk melakukan perbaikan tanggul dengan alat seadanya. 
 
"Yang melakukan perbaikan ini murni sepenuhnya dari swadaya warga Dusun Gandu, Desa Rahayu yang berjumlah sekitar 163 orang," jelasnya. 
baca juga:
 
Melihat wilayahnya menjadi langganan bencana banjir setiap tahunnya, maka Tikno sapaan akrabnya, berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, dapat melakukan perbaikan normalisasi dan melakukan pengecoran tanggul, sehingga dapat meminimalisir banjir. [Sav/Dwi]
 
 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS