BMKG Tuban Minta Masyarakat Bersiap Hadapi Puncak Musim Hujan Pada Februari Mendatang
Reporter: Savira Wahda Sofyana
 
blokTuban.com - Sejak awal tahun 2024 atau bulan Januari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terus mengguyur Kabupaten Tuban. Hal tersebut, membuat masyarakat merasa khawatir terhadap bencana banjir. 
 
Dengan kondisi yang ada saat ini, tak heran jika banyak yang mempertanyakan kapan puncak musim hujan terjadi di Kabupaten Tuban. 
 
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Zem Irianto mengatakan jika puncak musim hujan di Kabupaten Tuban, akan terjadi pada bulan Februari 2024 mendatang. 
 
"Diprakirakan puncak musim hujan di Tuban terjadi pada bulan Februari 2024 mbak," ungkapnya kepada blokTuban.com, Selasa (9/1/2024). 
 
baca juga:
 
Menurut pria yang akrab disapa Zem ini, datangnya puncak musim hujan sendiri ditengarai dengan adanya penguatan angin muson dari barat. Dimana, angin muson barat merupakan angin yang bergerak dari benua Asia menuju ke benua Australia. 
 
Munculnya angin muson barat ini, memicu peningkatan curah hujan. Hal tersebut tentu menimbulkan dampak bagi masyarakat, seperti halnya banjir, tanah longsor, produktivitas pertanian menurun, hingga terganggunya aktivitas para nelayan. 
 
"Puncak musim hujan ini, ditandai dengan menguatnya angin muson barat," katanya. 
 
Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk bersiap dalam menghadapi puncak musim penghujan mendatang, dengan kemungkinan terjadinya potensi cuaca ekstrem. [Sav/Dwi] 
 
 
Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS