Resep Membuat Teh Kombucha Homemade dan Ketahui Beragam Manfaatnya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kombucha adalah minuman fermentasi yang dibuat dari teh yang difermentasi oleh sekelompok mikroba, terutama bakteri asam asetat dan khamir. Proses fermentasi menghasilkan senyawa aktif seperti asam organik, enzim, dan probiotik.

Proses pembuatan kombicha ini memerlukan scoby, merupakan singkatan dari “symbiotic culture of bacteria and yeast,” atau kultur simbiosis bakteri dan ragi. Ini adalah bahan yang digunakan dalam fermentasi dan produksi kombucha. 

Penampilan scoby dapat bervariasi, tetapi biasanya padat, bulat, kenyal, dan keruh dengan bau ringan seperti cuka. Scoby bisa dibeli secara online atau offline di toko makanan yang menjual bahan fermentasi. Inilah resep membuat kombucha sendiri di rumah.

Teh Kombucha

Bahan-bahan

1 Liter air

Teh daun/ teh celup

4 sdm gula pasir

Bibit kombucha/ scoby

250 ml cuka/ air dari scoby

 

Cara membuat

1. Siapkan bahan. Masak air mendidih, masukkan teh. Tunggu 3-4 menit sesuai kepekatan yang diinginkan. Lalu saring, masukkan toples. 

Tambahkan gula, aduk rata. Diamkan, tunggu suhu ruang. Lalu 2. masukkan scoby serta air scoby. Tutup toples dengan kain bersih lalu kareti sekeliling kain di mulut tows supaya tidak ada serangga masuk. Diamkan 12 -14 hari, akan tumbuh scoby baru di permukaan teh. Kalau lebih lama, lebih asam lebih banyak probiotiknya.

3. Setelah 12-14 hari. Tuang kombucha dan siap diminum. Namun alangkah baiknya tuang dalam botol dan simpan dalam kulkas sebelum dikonsumsi.

4. Sisakan 250 ml beserta scoby nya. Bisa dijadikan biang untuk buat kombucha lagi.

 

Berikut adalah beberapa manfaat potensial dari kombucha:

Probiotik

Kombucha mengandung bakteri baik atau probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan mikroba dalam sistem pencernaan, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Antioksidan

Kombucha menghasilkan senyawa antioksidan selama proses fermentasi. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada penuaan dan berbagai penyakit.

Asam Organik

Asam organik yang dihasilkan selama fermentasi, seperti asam asetat, dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah.

Meningkatkan Energi

Beberapa orang melaporkan bahwa konsumsi kombucha dapat memberikan dorongan energi yang ringan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kombinasi antara kandungan teh dan efek dari senyawa hasil fermentasi.

Dukungan Kesehatan Sendi

Asam glukonat, yang dihasilkan selama fermentasi, diyakini dapat membantu dalam dukungan kesehatan sendi.

Mengandung Vitamin dan Mineral

Kombucha dapat mengandung vitamin dan mineral yang dihasilkan dari proses fermentasi atau bahan-bahan tambahan seperti buah-buahan atau rempah-rempah.

Meskipun kombucha memiliki potensi manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa tidak semua orang merespons dengan cara yang sama, dan efeknya dapat bervariasi. Selain itu, kombucha mengandung asam dan sejumlah kecil alkohol karena fermentasinya, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak, terutama oleh mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu atau sedang hamil.

Sebelum menambahkan kombucha ke dalam rutinitas harian Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

   

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS