5 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara untuk Ruangan yang Mudah Ditemukan

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Tanaman pembersih udara di dalam rumah memiliki beberapa kegunaan. Mereka membantu menyaring polusi udara, menghasilkan oksigen, dan menciptakan lingkungan dalam ruangan yang lebih sehat. 

Beberapa tanaman, seperti spider plant, lidah buaya, dan lidah mertua dikenal dapat menyerap zat kimia tertentu dan mengurangi kadar formaldehida, benzene, atau senyawa lain yang mungkin ada di udara dalam ruangan.

Selain itu, kehadiran tanaman juga dapat meningkatkan kualitas udara dan memberikan dampak positif pada kesehatan anggota keluarga.

 Berikut ini daftar tanaman pemberaih udara yang mudah didapatkan untuk menyehatkan udara dalam ruangan.

 

1. Lidah Mertua (Sansevieria)

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini, bukan? Ternyata ,tanaman ini juga bisa menjadi pembersih udara yang efektif dan dapat rumah jadi lebih sejuk, lho. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang memanjang tipis dengan ujung runcing. 

Namun, kamu perlu memperhatikan cara menyiramnya ya, Ruppers. Hindari menyiramnya dengan terlalu banyak air karena hal tersebut bisa membuat akarnya mudah membusuk. 

 

2. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang sering menjadi bahan dasar produk kecantikan. Namun, kamu juga bisa menggunakan tanaman ini untuk membersihkan udara di rumah.

Kamu bisa meletakkannya di dekat jendela rumah karena tanaman ini menyukai paparan cahaya matahari. Saat daunnya sudah terlalu panjang, kamu bisa memotongnya.

 

3. Palem Kuning

Pohon palem adalah tanaman hias yang cantik untuk menjadi dekorasi di rumah. Ada berbagai jenis pohon palem yang biasa digunakan, mulai dari berukuran besar hingga kecil. 

Selain tampilannya yang cantik, tanaman ini juga bisa kamu gunakan sebagai pembersih udara.

 

4. Spider Plant

Bentuk daun Spider Plant memanjang tipis dengan ujung runcing, mirip dengan kaki laba-laba. Tidak heran bila tanaman ini dikenal dengan sebutan tanaman laba-laba.

Tanaman ini bisa menyaring senyawa berbahaya di udara yang berasal dari karet, kertas koran atau majalah, hingga plastik di rumah. Uniknya, kamu bisa dengan mudah menanam kembali anak dari tanaman ini di pot lain.

 

5. Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman pembersih udara yang memiliki daun dengan perpaduan warna hijau dan kuning berkilau dari lapisan lilinnya. 

Kamu bisa menanamnya pada pot kecil atau menanam sirih gading ini dengan media air, lho. Cukup siapkan pot kecil transparan yang diisi dengan batu hias dan ditambahkan air secukupnya.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS