Catatan Sejarah Desa Tambakboyo Tuban, Ada Sebelum Jalan Daendels

Penulis : Nurul Mu’affah

blokTuban.com - Desa Tambakboyo adalah sebuah desa di pesisir Pantai Utara Jawa yang dilewati oleh Jalan Daendels, yang pembangunannya dimulai sekitar bulan Juli 1808. Pada masa itu Pemerintahan Tuban dikepalai oleh Bupati ke-28 yaitu R. Surya Hadi Wijaya (R.Tumenggung Surya Hadi Wijaya), Sabtu (2/12/2023). 

Diketahui, desa seluas 60 Ha tersebut memiliki penduduk sebanyak hampir 4.000 jiwa yang tersebar di dua dusun yakni Dusun Karangtawang dan Dusun Tawangrejo.

Berbicara soal sejarah, Desa Tambakboyo diperkirakan sudah ada sebelum Pembangunan Jalan Daendels. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya makam-makam yang berada di sekitar kanan kiri jalan.

Adapun mengenai asal-usul penamaannya, Desa Tambakboyo sendiri kemungkinan berkaitan erat dengan struktur tanah basah dan bekas daerah tambak di hampir seluruh wilayahnya adalah sebuah rawa-rawa yang berada dipinggir jalan pantura (sekarang lapangan desa) konon dihuni oleh banyak buaya (Boyo, bhs jawa). Luas rawa itu sendiri kurang lebuh 300 M2 dulunya dan karena wilayah Tambakboyo sebagian besar tambak maka disebutlah degan nama Tambakboyo.

Sedangkan versi lainnya mengatakan bahwa Tambakboyo berasal dari kata “Nambak” dan “Beboyo”. Nambak yang berarti mencegah dan Beboyo yang artinya bahaya dan apabila digabungkan menjadi tempat yang digunakan untuk mencegah dari segala marabahaya. Namun dua versi cerita tersebut belum dapat dipastikan secara pasti kebenarannya.

Di sisi lain, dengan letaknya yang strategis dan dilalui garis pantai, masyarakat Desa Tambakboyo mayoritas bekerja sebagai nelayan dan pedagang.

Masyarakat Desa Tambakboyo memiliki tradisi sedekah laut yang sampai saat ini masih terus dilestarikan. Biasanya sedekah laut diadakan di bulan November pada setiap tahunnya dengan di isi acara kesenian, tumpengan dan pengajian.

“Biasanya acaranya ya kesenian itu, kayak ya tumpengan terus ada pengajian,” jelas Sandi, perangkat Desa Tambakboyo.

Banyaknya nelayan di desa ini membuat Desa Tambakboyo terkenal akan UMKM pembuatan terasi dan pengeringan ikan.

Adapun mengenai batas wilayah, Desa Tambakboyo berbatasan dengan Desa Kenanti di sebelah timur, Desa Pabean di sebelah barat, Desa Klutuk dan Dasin di sebelah selatan dan Laut Jawa di sebelah utara.[Rul/Ali]