Hujan Lebat di Kecamatan Montong Tuban, Sebabkan Rumah Warga Terendam Banjir Hingga Rusak

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Hujan deras yang melanda Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban pada Minggu (26/11/2023) malam kemarin, menyebabkan tanah longsor hingga beberapa rumah warga terendam banjir.

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat, Logistik, dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Tuban, Juli Wibowo mengatakan jika pihaknya mendapatkan laporan adanya banjir tersebut, dari perangkat desa setempat. 

Setelah mendapatkan laporan itu, petugas dari BPBD Tuban langsung meluncur ke lokasi kejadian, dengan mengerahkan tiga mobil tangki beserta peralatannya. 

"Kami berkoordinasi dengan perangkat desa by telfon, setelah itu tim TRC dengan jumlah 6 pernonil dan 3 mobil tangki mempersiapkan mobil tangki dan peralatan," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (28/11/2023). 

Sesampainya di tempat kejadian, lanjutnya, petugas bersama dengan masyarakat setempat, langsung melakukan evaluasi pembersihan, dengan cara melakukan penyemprotan jalan dan pemukiman yang kemasukan lumpur. Namun, karena banyaknya rumah dan jalan yang tergenang lumpur, proses evakuasi baru selesai kurang lebih selama 7,5 jam. 

Menurut Juli, sapaan akrabnya, peristiwa ini terjadi lantaran hujan lebat yang berlangsung saat itu, sedangkan lahan yang berada di selatan jalan Desa Guwoterus, tidak memiliki tutupan lahan atau tanaman. 

"Karena tidak ada tanaman dalam lahan tersebut, maka terjadila longsor yang menutup jalan dan masuk ke dalam rumah warga," jelasnya. 

Akibat insiden ini, Juli mengaku terdapat sepuluh rumah warga yang kemasukan lumpur dan satu rumah mengalami roboh. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS