Persediaan Menipis, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Rp98 Ribu Per Kilogram

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Beberapa waktu belakangan ini, harga komoditas cabai rawit di Kabupaten Tuban terpantau mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jika sebelumnya harga cabai hanya Rp71 ribu kini naik menjadi Rp98 ribu per kilogramnya. 

Hal tersebut, salah satunya diungkapkan oleh pedagang cabai di Pasar Baru Tuban, Khotijah mengatakan jika harga cabai rawit melonjak sejak satu minggu terakhir ini. 

"Sekarang harga cabai mahal mbak, satu kilogramnya Rp98 ribu, sudah sekitar satu mingguan ini. Naiknya bertahap, sebelumnya Rp70 ribu, terus Rp90 ribu dan sekarang hampir Rp100 ribu," jelasnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lapak jualnya, Jumat (24/11/2023). 

Menurutnya, kenaikan harga komoditas cabai rawit ini, disinyalir lantaran dampak dari musim pancaroba dari musim kemarau ke musim penghujan, sehingga pasokan cabai rawit di pasar tradisional Tuban menjadi berkurang. 

Kondisi tersebut, membuat harga komoditas cabai rawit di Tuban menjadi lebih meningkat dibandingkan biasanya, lantaran stok menipis namun permintaan cenderung meningkat. 

"Stok menipis mbak, tapi permintaannya banyak karena banyak yang punya hajatan, jadi berpengaruh dengan harga," bebernya. 

Bukan hanya komoditas cabai rawit saja. Namun, harga cabai merah plompong juga naik menjadi Rp60 ribu per kilogram, sedangkan cabai merah keriting saat ini dibandrol dengan harga Rp65 ribu.

Oleh karena itu, perempuan berhijab ini berharap agar harga komoditas cabai di Kabupaten Tuban dapat kembali stabil seperti sedia kala. Pasalnya, kenaikan harga cabai juga berpengaruh terhadap jumlah pembeli. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS