Kunker ke Tuban, Menteri Pertanian Panen dan Tanam Padi Bersama Petani

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Menteri Pertanian Republik Indonesia Republik Indonesia (RI) Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Tuban. Dalam kunjungannya tersebut, ia didampingi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, melakukan tanam sekaligus panen padi bersama, di dua desa yang ada di Kecamatan Widang. 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman mengatakan jika kunjungan kerja yang dilakukan tersebut dalam rangka percepatan tanam. Dimana, setelah panen langsung ditanam kembali. Tujuannya, untuk meningkatkan produksi dan menekan import tahun depan. 

"Yang kita tanam hari ini insyaallah bisa kita panen Bulan Februari, jadi tiga bulan kita panen," jelasnya, Kamis (23/11/2023). 

Menurutnya, ia telah mengecek langsung lumbung pangan di Indonesia yang berada di 10 provinsi sekaligus, guna memastikan apakah pada awal musim hujan, sawah sudah bisa langsung ditanami padi. 

Melihat hal tersebut, maka ia yakin bahwa pihaknya bisa meningkatkan produksi pangan dengan adanya kerjasama antar berbagai pihak. Sebab menurutnya, ketahanan pangan identik dengan ketahanan negara. 

"Targetnya yang ditanam 300 hektar, insyaallah Kami akan bantu memberikan pompa. Karena ironis sekali ada air yang mengalir tapi disisi lain ada sawah yang kering," paparnya. 

Dengan bantuan pompa yang akan diberikan tersebut, Amran sapaan akrabnya berharap agar nantinya lahan yang hanya panen sebanyak 2 kali dalam satu tahun, bisa lebih meningkat menjadi 3 kali panen atau bahkan lebih. [Sav/Dwi] 

 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di

GOOGLE NEWS