Harga Buku Murah di Bazar Budaya Loka Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Tuban, terus menggenjot minat literasi masyarakat Bumi Wali, dengan mengadakan bazar buku murah, yang bertempat di Gedung Budaya Loka Tuban.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak ratusan buku yang dipamerkan tersebut bukan hanya buku lokal saja, melainkan juga internasional dengan semua jenis buku. Mulai dari buku anak, novel, buku agama ataupun berbagai jenis buku lainnya. 

Kepada blokTuban.com, Kepala Dispersip Kabupaten Tuban, Nur Khamid mengatakan jika bazar buku ini, diselenggarakan guna memberikan akses kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, berkenaan dengan pengadaan buku murah yang berkualitas. 

"Seperti diketahui, di Tuban belum tersedia toko buku yang representatif, berkualitas bukunya dan murah harganya," paparnya, Selasa (21/11/2023). 

Di samping itu, Wakhid sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa kegiatan ini juga sebagai upaya dari Pemkab Tuban, untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Tuban. Sebab dengan bazar murah ini, dapat mendorong semangat literasi masyarakat di Kabupaten Tuban bertumbuh. 

Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan momen ini, untuk berbelanja buku sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. 

"Semoga kegiatan ini juga dapat membantu peningkatan literasi masyarakat Kabupaten Tuban," tambahnya. 

Sementara staff PT Mizan Media Utama, Adam menjelaskan terdapat berbagai macam promo menarik dalam bazar buku tersebut, baik buku agama, anak ataupun novel, dengan harga Rp20 ribu hingga Rp80 ribu. 

Adapun event bazar buku Outofthebox ini baru pertama kali diadakan di Kabupaten Tuban. Sebelumnya, pihaknya sering mengadakan event di Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Jakarta dan juga Medan.

"Tujuan kita untuk memudahkan para pembaca dengan kita juga menjual buku-buku murah seperti yang ada di sini," katanya. 

Lebih lanjut, pria ramah ini menambahkan bahwa bazar buku murah ini akan diselenggarakan di Kabupaten Tuban sampai 10 Desember 2023 mendatang, dengan jam buka mulai pukul 09.00 Wib sampai 21.00 Wib. [Sav/Ali]