BMKG Tuban Sebut Awal Musim Hujan Mundur dari Jadwal Normal

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, menyebut jika awal musim hujan di bumi Ronggolawe tahun ini mundur dari jadwal yang telah perkirakan. 

Kepada blokTuban.com, Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan mundurnya awal musim hujan tahun ini, disebabkan lantaran adanya penguatan fenomena El-Nino. 

"Secara umum, prakiraan musim hujan di Kabupaten Tuban mundur dua sampai tiga dasarian, karena adanya El-Nino," terangnya saat dikonfirmasi, Jumat (24/11/2023). 

Oleh karena itu, Zem sapaan akrabnya menjelaskan jika awal musim hujan Tahun 2023 ini, diprakirakan akan mulai terjadi pada akhir Bulan November 2023 hingga awal Bulan Desember 2023. 

Dimana, puncak musim hujan tersebut, diprediksi akan berlangsung pada Bulan Februari 2024 mendatang. 

"Normalnya, awak musim hujan di Kabupaten Tuban terjadi pada awal Bulan November. Untuk sifat musim hujannya diprakirakan normal atau sama dengan rata-ratanya," sambungnya. 

Lebih lanjut, ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk terus waspada terhadap potensi bencana yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba, pada saat musim peralihan cuaca ataupun puncak musim hujan. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS