Kenali Faktor dan Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Seiring perkembangan teknologi, kini gadget menjadi benda yang menjadi sumber hiburan dan banyak dicari oleh anak-anak. Tak jarang menimbulkan sifat candu akan gadget pada anak.

Sebenarnya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan anak kecanduan gadget, seperti ketika gadget dengan mudah dapat diakses oleh anak tanpa pengawasan, kemungkinan besar mereka akan lebih sering menggunakan gadget tersebut.

Selain itu bagi anak yang tidak memiliki kegiatan fisik atau sosial yang cukup cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar gadget.

Melalui laman yankes.kemenkes.go.id terdapat penelitian menunjukkan pengaruh penggunaan gadget yang berlebih dapat mempengaruhi kesehatan.

Penggunaan gadget yang berlebih ditambah kebiasaan ngemil berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, dan tidur hingga larut malam, akan meningkatkan risiko anak terkena obesitas dan penyakit jantung di kemudian hari

Berikut dikutip dari situs Kemenkes yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak.

1. Orang tua harus jadi contoh yang baik untuk anak

Anak-anak adalah “peniru ulung”, oleh karena itu orang tua diharapkan bisa menjadi contoh yang baik untuk mereka. Sebab itu bijak menggunakan gadget di depan anak dapat diterapkan oleh orang tua.

2. Batasi dan awasi penggunaan gadget pada anak

Untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, waktu mengakses gadget harus dibatasi. Tentukan durasi dan jadwal untuk bermain gadget, misalnya 1-2 jam dalam sehari. 

3.  Buat aktivitas menyenangkan bersama anak

Untuk mengatasi kecanduan gadget, orangtua bisa merancang aktivitas lain yang menyenangkan agar pikiran anak teralihkan. Orang tua dapat mengajak anak berkegiatan positif seperti bersepeda, belanja, memasak atau merapikan rumah.

4. Berikan mainan yang sesuai usia anak

Cara mengatasi anak kecanduan gadget lainnya adalah memberikan mainan sesuai usianya. Untuk anak usia 1-3 tahun, mainan yang cocok diberikan adalah mainan blok, puzzle, krayon dan buku gambar, atau permainan profesi.

Penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik, dan pendekatan yang efektif dapat bervariasi. Komunikasi terbuka antara orang tua dan anak juga merupakan kunci dalam mengatasi dan mencegah kecanduan gadget.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS