Peringati Hari Pahlawan dan Toleransi, Siswa SD Pusaka Tuban Kenakan Pakaian Adat hingga Lintas Profesi

Reporter: Savira W Sofyana

blokTuban.com - Sejumlah siswa yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) Pusaka Kabupaten Tuban, tampak antusias untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh lembaga sekolah, guna memperingati Hari Pahlawan sekaligus Hari Toleransi Internasional. 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, peserta didik yang datang ke sekolah tidak mengenakan seragam sekolah seperti biasanya. Akan tetapi, mereka menggunakan berbagai atribut dari beberapa tokoh negara. Mulai dari atribut pahlawan, TNI, Kiai, hingga beberapa pakaian adat. 

Pasalnya, Peringatan Hari Pahlawan merupakan momen yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan negara. 

Oleh karena itu, para siswa  di SD Pusaka Tuban memberikan penghormatan kepada pahlawan nasional dengan berbagai kegiatan, termasuk pembacaan puisi dan lagu-lagu nasional yang menginspirasi semangat patriotisme.

Selain itu, acara ini juga menjadi momen yang bersejarah dalam mendorong toleransi dan kerukunan antar-etnis dan agama. Sebab di tengah peringatan Hari Toleransi Internasional, siswa dari berbagai latar belakang etnis dan agama berpartisipasi dalam drama teatrikal yang mengilustrasikan pentingnya toleransi dan perdamaian di masyarakat.

Kepala Sekolah SD Pusaka Tuban, Beti Retno Wardani merasa sangat senang karena dapat menggabungkan dua momen bersejarah dan memperkenalkan nilai-nilai kemerdekaan kepada para siswa. 

"Kami merasa sangat bangga bisa menggabungkan peringatan Hari Pahlawan dan Hari Toleransi Internasional dalam satu acara. Ini adalah kesempatan bagi siswa kami untuk memahami nilai-nilai kemerdekaan dan toleransi dalam sebuah peristiwa yang bermakna," ungkapnya kepada blokTuban.com, Kamis (9/11/2023). 

Tidak hanya dihadiri oleh siswa saja, kegiatan ini juga turut dihadiri para dewan guru hingga orang tua siswa, yang ikut serta dalam mendukung pesan perdamaian. 

Pasalnya, pada peringatan Hari Pahlawan dan hari Toleransi Internasional ini, SD Pusaka mengusung tema perdamaian dan juga harmoni. 

Maka dari itu, Beti sapaan akrabnya berharap agar kegiatan ini dapat memecah semangat dan warna dalam kehidupan siswa-siswi yang bersekolah di SD Pusaka. 

"Semangat dalam peringatan ini diharapkan akan terus mewarnai kehidupan sehari-hari dan menciptakan masyarakat yang lebih toleran dan damai," paparnya.[Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS