Hindari 5 Jenis Makanan ini Supaya Punya Kulit Awet Muda

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tidak ada makanan tertentu yang secara langsung dapat membuat seseorang awet muda. Namun, beberapa kebiasaan makan sehat dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada penampilan yang lebih muda.

Makanan menjadi salah satu pemicu kulit tampak terlihat tua. Makanan tersebut adalah makanan yang dapat memicu peradangan pada kulit, sehingga memicu kerusakan kolagen yang bermanfaat untuk membuat kulit tampak awet muda.

Berikut adalah beberapa makanan yang disarankan untuk dihindari agar dapat memelihara kesehatan tubuh dan kulit:

1. Hindari Gula dan Karbohidrat Sederhana

Batasi konsumsi gula tambahan dan karbohidrat sederhana, karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan mempengaruhi kesehatan kulit.

2. Hindari Makanan Cepat Saji dan Pengolahan Tinggi

Makanan cepat saji dan makanan olahan seringkali mengandung bahan tambahan yang tidak sehat. Pilih makanan segar dan alami sebanyak mungkin.

3. Daging Berlemak

Daging berlemak menjadi makanan yang perlu dihindari agar awet muda. Makanan jenis ini kadar lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh sendiri sangat tidak baik bagi kulit karena dapat memicu munculnya peradangan.

4. Daging Olahan

Makanan yang perlu dihindari agar awet muda selanjutnya adalah daging olahan. Jika sesekali mengonsumsinya sah-sah saja. Namun sebaiknya jangan sering dilakukan, karena dapat membahayakan kulit. Daging jenis ini biasanya memiliki kandungan tinggi natrium, lemak jenuh, dan sulfit, yang dapat memicu dehidrasi dan melemahkan kolagen.

5. Margarin

Makanan yang perlu dihindari agar awet muda adalah margarin. Jenis makanan yang satu ini memiliki kadar minyak terhidrogenasi parsial yang tinggi. Asam lemak trans membuat kulit rentan terhadap mengalami iritasi akibat paparan sinar ultraviolet. Hal tersebut akan memicu rusaknya kolagen dan elastisitas kulit.

Penting untuk diingat bahwa faktor-faktor lain, seperti gaya hidup umum, tidur yang cukup, dan manajemen stres, juga berperan dalam menjaga kesehatan dan penampilan muda. 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS