Ditinggal Istirahat, Pabrik Pembakaran Batu Bata di Tuban Terbakar

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Ditinggal pulang untuk beristirahat sebuah pabrik pembakaran batu bata milik warga Kabupaten Tuban harus lenyap di lahap si jago merah. 

Kejadian ini terjadi di Desa Besowo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, pada Selasa (26/09/2023) sekitar pukul 18.00 WIB. 

Menurut Kapolsek Jatirogo AKP Suganda jika kronologi kejadian saat itu Kartono dan dan pemilik pabrik Totok Prayitno telah melaksanakan pembakaran batu bata sekitar pukul 17.00 WIB dirasa batu bata sudah cukup matang dari pembakaran kedua orang tersebut kemudian pulang untuk beristirahat. 

"Saat itu kedua orang tersebut merasa pembakaran batu bata sudah cukup matang kemudian keduanya lekas pulang untuk beristirahat," ujar AKP Suganda. 

Selang satu jam pada pukul 18.00 Wib, Kartono kembali lagi ke pabrik pembakaran batu bata tersebut, untuk mengecek batu bata yang telah dibakar tersebut. 

Alangkah terkejutnya ia ketika mengetahui pabrik yang terbuat dari kayu jati berukuran 5x10 meter tersebut sudah terbakar. 

Mengetahui pabrik mengalami kebakaran Kartono kemudian menghubungi Totok Prayitno selaku pemilik pabrik dan meminta bantuan warga sekitar atas adanya kebakaran ini. 

Api yang semakin membesar mengharuskan Totok Prayitno menghubungi petugas pemadam kebakaran, kemudian datanglah satu unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Jatirogo untuk upaya pemadaman. 

"Kemarin datang satu unit mobil dari pos Jatirogo untuk memadamkan api," imbuhnya. 

Berkat usaha dan bantuan warga selang 2 jam kemudian, api berhasil dipadamkan, dan untung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun ditaksir kerugian yang dialami oleh pemilik mencapai jutaan rupiah. 

"Untuk dugaan teman kami kebakaran ini disebabkan karena tungku pembakaran batu bata tersebut," pungkasnya.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS