Dua Hari Lagi Rombongan Kirab Pataka JBMB Tiba di Tuban, Cek Rangkaian Acaranya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Rombongan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Bea (JBMB) dua hari lagi akan tiba di Kabupaten Tuban tepatnya tanggal 28 September 2023. Ada sejumlah penampilan untuk masyarakat yang sedang disiapkan oleh pemerintah.

Diketahui, Kirab Pataka JBMB telah diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa  di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (24/9/2023) sore. Kirab Pataka JBMB tersebut sekaligus rangkaian pertama dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) ke-78 tahun 2023 ini.

Kirab Pataka JBMB dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi dan kerja sama dengan konsep kegiatan kirab secara estafet yang akan menempuh jarak kurang lebih 2.001 kilometer dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Gubernur Khofifah menyampaikan, acara ini merupakan wujud sinergitas antara Satpol PP dengan Perangkat Daerah dan instansi lain. Ia berpesan kepada seluruh peserta Kirab nantinya, agar di setiap titik diusahakan ada tim yang sempat berkunjung ke radio untuk berdialog menyampaikan pesan Kirab Pataka JBMB.

“Kirab pataka dalam rangka memperingati HUT Pemprov Jawa Timur ke-78 ini, sesungguhnya luar biasa ada banyak misi kebangkitan di dalamnya. Dari sektor pariwisata yang bangkit, misi bersama-sama memberantas narkoba, maupun misi memberantas rokok ilegal. Karena saya rasa banyak masyarakat belum mengetahui multi fungsi dari sinergitas di antara Satpol PP dengan berbagai OPD dan instansi lain,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Timur, Muhammad Hadi Wawan Guntoro dalam laporannya menyampaikan,  Kirab Pataka dengan kata sandi KIP JBMB ini akan membawa keliling secara estafet beberapa bendera dan lambang di Pemprov Jawa Timur.

“Kirab ini secara estafet akan membawa bendera merah putih, Lambang Jawa Timur Jer Basuki Mawa Bea, lambang Satpol PP Praja Wibawa, lambang perlindungan masyarakat, lambang pemadam kebakaran dan penyelamatan Yudha Bramajaya, dan lambang hari jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur dan ke-38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur,” sebut Hadi.

Hadi menerangkan, adapun rute awal Kirab Pataka ini ialah dari Gedung Negara Grahadi menuju Pendopo Kabupaten Bangkalan.

“Dan pada 11 Oktober 2023 sampai kembali di Gedung Negara Grahadi untuk selanjutnya mengikuti hadi jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur pada 12 Oktober 2023," terangnya. 

Di sepanjang jalan yang akan dilalui, Hadi menyebutkan, tim kirab diwajibkan memutar lagu Mars Jawa Timur dan mempublikasikan capaian kinerja serta prestasi Pemprov Jatim maupun Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, adapun rute kirab setelah masuk perbatasan Lamongan-Tuban akan berlanjut ke Pendapa Krida Manunggal Tuban dengan acara prosesi. Bendera akan diarak menuju GOR Rangga Jaya Anoraga lalu ke arah Parengan perbatasan Tuban-Bojonegoro.

Sejumlah penampilan dalam kirab yang dipersembahkan untuk masyarakat Tuban diantaranya, Paskibraka, Pasgasus SMP-SMA, drumband Arpegio, Thak-Thakan Bledug Kenanti, Reog Brandal Lokojoyo, Karawitan Aryo Mudho, dan Bedhaya Sanggar Seni Sembrani. [Ali/Dwi]