Ekonomi Lesu, Pedagang Rias Pasar Baru Tuban Ala Kadarnya

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

Tak terkecuali para Paguyuban Pedagang Pasar Baru Tuban (PPPBT) mereka memiliki cara unik untuk merayakan kemerdekaan dengan cara merias Pasar Baru Tuban dengan berbagai pernak pernik merah putih. 

Menurut Sukadi Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Baru Tuban, hal ini dilakukan guna memeriahkan dan memberikan semangat 17 Agustus. 

"Ini sebagai bentuk memeriahkan bulan agustus dan memberikan semangat 17an," katanya kepada blokTuban.com, Minggu (13/8/2023). 

Lebih lanjut, bahwa pemasangan bendera ini adalah inisiatif dari pengurus pasar serta para pedagang yang ada di Pasar Baru. 

Baca Juga:

Melihat Hujan Meteor dari Pantai Panduri Tuban

Diketahui, di Pasar Baru Tuban saat ini terdapat sekitar 1.500 pedagang yang berjualan di Pasar Baru. 

Namun, di tahun ini menurut Sukadi tak ada acara meriah seperti tahun kemarin sebab saat ini kondisi pasar yang mengalami penurunan. 

"Tidak ada acara meriah kaya tahun kemarin mas, soalnya saat ini pasar sepi," imbuhnya. 

Sementara itu, Narto (43) pedagang di dalam Pasar Baru Tuban mengungkapkan hal yang hampir serupa dengan Sukadi menurutnya dengan merias pasar ini merupakan cara para pedagang pasar baru menyambut hari kemerdekaan. 

Baca lainnya:

Tren Harga Emas Antam Turun, Hari ini 12 Agustus 2023 Stagnan di Level Rp1.062.000 Per Gram

"Ini sebagai bentuk cinta tanah air, dan ini cara pedagang Pasar Baru memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia," tandasnya. [Nur/Ali]