Sumber Mata Air Krawak, Destinasi Wisata Tersembunyi di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah yang banyak dikenal akan kekayaan alam, yang dimiliknya. Tak heran, jika banyak masyarakat yang memanfaatkan hal tersebut, untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Salah satunya dengan mengelola sumber alam tersebut, sebagai suatu destinasi wisata yang sangat cocok digunakan saat berakhir pekan. Termasuk Sumber Mata Air Krawak, yang berada di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Destinasi wisata tersembunyi di Kabupaten Tuban ini, memiliki ketenangan dan juga keindahan yang sangat memukau para pengunjungnya, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk healing.

Menurut salah seorang pengelola wisata, Puji, jika wisata yang meyuguhkan perpaduan antara bebatuan dan juga air yang sangat jernih ini, merupakan anak sungai dari Air Terjun Putri Ngelirip Tuban.

“Ini tembus sejalur ke Air Terjun Ngelirip mbak, jadi kalau disini  pas airnya nggak ada, disana juga nggak ada,” ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi wisata, Sabtu (12/8/2023).

Destinasi wisata sumber mata air Krawak di Kabupaten Tuban. (Foto: Savira W Sofyana/ bloktuban)

Sejak keberadaan sumber mata air ini diketahui oleh banyak orang, lanjutnya, antusias masyarakat  untuk berkunjung sangat luar biasa, terlebih pada saat hari weekend ataupun libur nasional. 

Sebab, meski berkonsep wisata alam, namun sudah ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung, seperti halnya ruang ganti, kamar mandi, spot foto, ataupun kantin yang menjajakan makanan ataupun minuman.

“Fasilitasnya ini ada ruang ganti, Kamar mandi dan ada dua kantin di luar dan di dalam wisata,” jelasnya.

Adapun ke dalaman dari wisata ini sendiri, kurang lebih mencapai 12 meter. Hanya  saja, ada beberapa kolam air yang memiliki ke dalaman yang cukup dangkal, sehingga cocok digunakan bagi pengunjung yang hanya ingin bermain air.

Lebih lanjut, untuk bisa masuk ke wisata tersebut, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu per orang, sementara untuk parkir kendaraan, wisatawan juga ditarik karcis Rp5 ribu per kendaraan.

“Kedalamannya sampai 12 meter, jadi semakin kesana airnya semakin dalam, per kolam airnya beda-beda ke dalamannya. Kalau yang mau renang dan bisa renang biasanya ke ujung sana” katanya.

Sementara salah satu   pengunjung asal Kecamatan Tuban, Maharani mengatakan jika ini adalah kali pertama ia datang ke tempat ini. Menurutnya suasana wisata yang asri, membuat rasa jenuhnya terhadap aktivitas sehari-hari menjadi hilang.

“Dulu pernah dengar nama Wisata Krawak ini, cuma baru kesampaian untuk datang kesini. Menurut saya bagus, karena menjadi sarana wisata yang murah, dan membuat pikiran jadi fresh, setelah penat dengan pekerjaan,” pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS