Jelang Musim Haji, Penjualan Perlengkapan Haji di Tuban Sepi Pembeli 
 
Reporter : Savira Wahda Sofyana 
 
blokTuban.com - Menjelang keberangkatan para Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban yang tinggal menghitung hari, berbagai persiapan telah dilakukan. Baik stamina tubuh, persiapan ibadah, hingga barang-barang yang hendak dibawa. 
 
Oleh karena itu, tak heran jika banyak pedagang yang menjajakan berbagai perlengkapan haji. Mulai dari mukenah, ikhram, tasbih maupun yang lainnya. 
 
Namun, pada musim haji tahun ini, penjual perlengkapan haji cenderung mengeluhkan sepi pembeli. Hal tersebut, salah satunya diungkapkan oleh Mahfud. 
 
"Penjualannya lain dengan tahun dulu, karena kalau tahun-tahun dulu ramai pembelian tapi setelah Corona ini pembelian sepi," ujarnya, Kamis (9/5/2024).
 
Menurut pria asal Kabupaten Gresik ini, sepinya pembeli perlengkapan haji tersebut, disinyalir lantaran banyak CJH yang sudah membeli keperluan ibadah haji pada tahun sebelumnya, lantaran keberangkatannya sempat ditunda. 
 
Kondisi ini, lanjutnya, membuat pembelian perlengkapan haji tahun ini menurun. Oleh karena itu, ia berharap untuk ke depannya pembelian perlengkapan haji bisa kembali normal seperti sediakala. 
 
"Biasanya saya jualan keliling disetiap kabupaten dan kecamatan. Jadi setiap ada event haji di kabupaten manapun saya selalu datang dan jualan, termasuk di Tuban," bebernya. 
 
Sementara itu, salah seorang CJH, Mukhtar mengaku sudah membeli perlengkapan haji jauh-jauh hari sebelum manasik haji dilakukan. Oleh karena itu, seluruh perlengkapannya sudah siap dan saat ini tidak lagi membeli perlengkapan haji. 
 
"Sudah nyicil beli jauh-jauh hari, jadi sekarang hanya tinggal persiapan ibadah disananya, kalau perlengkapan insyaallah sudah siap semua," pungkasnya. [Sav/Dwi]
 
  

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS