Penjualan Tas di Tuban Meningkat Jelang Tahun Ajaran Baru

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya tahun ajaran baru 2023/2024, penjualan tas sekolah di Kabupaten Tuban terpantau turut mengalami peningkatan jumlah pembeli.

Meningkatnya para pemburu tas sekolah tersebut, satu diantaranya terpantau di Pasar Baru Tuban, yang terletak di Jalan Gajahmada Nomor 32, tepatnya di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Salah satu penjual tas sekolah, Lifah mengatakan jika antusias para orangtua, dalam mencari tas untuk anaknya tersebut, sudah terjadi kurang lebih sejak satu bulan terakhir ini.

“Kalau dibandingkan dengan hari-hari biasanya memang penjualannya lumayan meningkat mbak,” terangnya kepada blokTuban.com saat ditemui di toko miliknya, Sabtu (15/7/2023).

Menurut ibu dari dua orang anak ini, menjelang tahun ajaran baru ini setiap harinya ia bisa menjual kurang lebih delapan sampai sepuluh tas.

Dimana, rata-rata pembeli saat ini justru banyak yang memburu tas-tas yang bermerk, dengan tujuan agar lebih awet kendati harganya lebih mahal dari tas-tas lainnya.

“Tas kalau waktu tahun ajaran baru ini, justru yang diburu mahal-mahal yang asli bukan yang kw. Jadi carinya yang bermerk seperti alto, Korean, seperti itu kan mahal-mahal,” katanya.

Adapun harga untuk tas-tas yang dijual oleh perempuan yang tinggal di Jalan Pemuda ini sendiri, berkisar Rp100 ribu hingga Rp300 ribu, tergantung merk ataupun kwalitas dari tas situ sendiri.

Meski demikian, Lifah mengaku jika penjualan tas menjelang tahun ajaran baru ini lebih sepi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelum adanya Pandemi Covid-19.

Penyebabnya, disinyalir lantaran biaya sekolah yang semakin mahal dan ekonomi masyarakat yang belum sepenuhnya bangkit. Sehingga banyak dari mereka memilih untuk membeli kebutuhan yang lebih pokok.

“Sebenarnya penjualannya ini masih biasa-biasa saja mbak dibandingkan sebelum Corona dulu. Kalau dulu penjualannya sangat signifikan, sekarang mereka lebih milih pakai tas lama yang masih bisa dipakai,” imbuh perempuan yang sudah berjualan tas sejak tahun 1988 tersebut. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS