Penjualan Seragam Sekolah di Tuban Meningkat, Segini Kisaran Harganya

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Seluruh pelajar yang ada di Kabupaten Tuban, mulai memasuki tahun ajaran baru pada Senin (17/7/2023) mendatang. Hal tersebut, membuat para orangtua sibuk untuk membeli peralatan sekolah baru untuk putra-putrinya.

Salah satu kebutuhan yang paling banyak diburu oleh masyarakat menjelang tahun ajaran baru sendiri, ialah seragam sekolah. Dari pantauan blokTuban.com di Pasar Baru Tuban, nampak pembeli hilir mudik membeli berbagai perlengkapan sekolah.

Tingginya animo masyarakat untuk membeli seragam sekolah tersebut, salah satunya dirasakan oleh Pemilik Toko pakaian sekolah, Umi yang ada di Pasar Baru Tuban.

Menurutnya, lonjakan pembeli di tokonya tersebut sudah mulai terasa setelah Perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, pada akhir Bulan Juni 2023 kemarin.

“Dari hari-hari biasa memang penjualan seragam sekolah lebih meningkat mbak,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (14/7/2023) saat ditemui di toko miliknya.

Menjelang Tahun Ajaran Baru ini, lanjutnya, dalam sehari ia bisa menjual lebih dari 10 potong seragam sekolah. Di mana, rata-rata seragam yang paling banyak diburu oleh masyarakat ialah seragam untuk anak Sekolah Dasar (SD).

Dengan adanya pelonjakan pembeli tersebut, maka perempuan yang berdomisili di Kelurahan Doromukti, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban itu juga mengalami peningkatan omzet. 

Sebab, jika hari-hari biasanya ia hanya mendapatkan pendapatan sebanyak Rp500 ribu, saat ini ia bisa meraih omzet hingga Rp1,5 juta sampai Rp2 juta per harinya.

“Harganya masih stabil sama seperti tahun kemarin tinggal lihat size nya saja, karena setiap size, panjang, pendek, celana panjang, celana pendek itu harganya beda-beda. Kalau yang size paling kecil harganya Rp45 sampai Rp50 ribuan,” jelasnya.

Kendati demikian, perempuan berambut panjang ini mengaku bahwa penjualan seragam sekolah pada tahun ini, mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun kemarin. Hal tersebut, disinyalir lantaran seragam untuk para siswa sudah didroping dari sekolah masing-masing.

“Di sini nggak hanya jual seragam sekolah saja, tapi juga ada macam-macam baju gamis, muslim dan gorden juga. Harapannya, semoga pasarnya semakin ramai dan pembeli makin banyak, sehingga pendapatan makin meningkat,” pungkasnya. [Sav/Ali]