Ratusan Jemaah Haji Kloter 18 dan 19 Pulang ke Kabupaten Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Ratusan Jemaah haji asal Kabupaten Tuban dari kloter 18 dan 19 akhirnya mendarat di tanah air dengan selamat pada Rabu (12/7/2023) malam kemarin. 

Kepulangan para jemaah haji tersebut, disambut langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur PLH Kabid PHU, PPIH Embarkasi Surabaya, PLH Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, serta Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. 

baca juga:

Tak Langsung Pulang, 5 Jemaah Haji Ini Dirujuk ke RS Tuban dan Bojonegoro

Dalam keterangannya, Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram mengucapkan selamat datang kepada seluruh jemaah haji yang telah menginjakkan kaki kembali ke tanah air. 

“Selamat datang kepada para jemaah haji, semoga sepulang haji sehat wal afiat, doanya dikabulkan oleh Allah, keberkahan selalu hadir kepada keluarga dan menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut  ia juga mengatakan jika jemaah haji yang semestinya hanya mendapatkan 5 liter air zam-zam, kini bertambah menjadi 10 liter air zam-zam. Meski begitu, pendistribusian dari air tersebut akan menyusul.

Sedangkan Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, Ahmad Munir mengatakan dari ratusan jemaah haji yang berangkat tahun ini untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5 tersebut, total ada 14 jemaah haji yang meninggal dunia. 

baca juga:

Pastikan Distribusi 5 Liter Air Zam-zam Tambahan untuk Jemaah Tuban Tak Lama

"13 jemaah haji meninggal dunia, di tanah suci Makkah dan juga Madinah. Sementara satu jemaah haji yang sekit, meninggal dunia setelah dirawat di Rumah Sakit Asrama Haji Sukolilo, Surabaya," jelasnya, Kamis (13/7/2023). 

Lebih lanjut, setelah jemaah haji kloter 18 dan 19 tersebut diserahkan kepada Plh Kakankemenag Tuban Mohammad Qosim, maka selanjutnya mereka mengambil pasport serta air zam-zam. Kemudian masuk ke dalam bus masing-masing yang telah disediakan oleh pihak panitia, untuk berangkat ke menuju Kabupaten Tuban. 

Sementara data yang dihimpun oleh blokTuban.com di lapangan, jemaah haji kloter 18 SUB tiba di lokasi penjemputan yang berada di Kompi Senapan C 521 Kabupaten Tuban sekira pukul 23.45 Wib. Sedangkan untuk jemaah haji kloter 19 sampai di lokasi pada Kamis ( 13/7/2023), pukul 01.15 Wib dengan disambut haru oleh para keluarganya. 

Untuk diketahui, jumlah jemaah haji yang sudah kembali ke pelukan keluarga dari kloter 18 sendiri kurang lebih sebanyak 445 bus, sementara untuk jemaah haji kloter 19 juga berjumlah sebanyak 445 orang. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS