Tiga SDN Tuban Ini Masih Nol Siswa Baru

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Ketatnya persaingan mutu pendidikan di Kabupaten Tuban, berdampak langsung pada penerimaan siswa baru di sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN). 

Data Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, hingga Jumat (14/7/2023) masih ada tiga SDN yang sama sekali belum menerima siswa baru. Sekolah tersebut yaitu, SDN Kedungrejo 2 Kerek, SDN Banjar Widang dan SDN Dasin 1 Tambakboyo.

Sebelumnya, SDN Sumurgung, Palang juga masih dalam daftar SDN yang belum menerima siswa. Namun, hari ini sekolah tersebut langsung menerima sebanyak 17 siswa baru.

"Untuk ketiga SDN yang masih nihil siswa baru masih membuka pendaftaran bagi calon siswa hingga pelaksanaan MPLS berakhir pada 20 Juli 2023," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban, Abdul Rakhmat.

Rakhmat melanjutkan, masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang sekolah dasar (SD) jalur on line (afirmasi, perpindahan orangtua dan zonasi) di Kabupaten Tuban telah selesai. 

Namun demikian, masih ada beberapa sekolah yang hingga kini masih membuka pendaftaran secara off line hingga masa pelaksanaan MPLS pada 17 sampai 20 Juli 2023 mendatang.

Sejumlah sekolah yang membuka pendaftaran secara off line atau langsung tersebut, merupakan SDN yang hingga saat ini masih belum memiliki siswa atau pagunya belum terpenuhi. Diketahui, dari total 541 SDN di Tuban, ada tiga sekolah yang belum mendapatkan siswa.

"Penerimaan siswa jalur off line juga tidak hanya untuk sekolah yang tidak mendapatkan siswa, tetapi sekolah yang pagunya belum terpenuhi juga diberi kesempatan untuk penerimaan secara off line," imbuhnya

Disdik mencatat secara umum PPDB SDN di Kabupaten Tuban mengalami peningkatan dibandingkan tahun ajaran sebelumnya. Mantan Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan, dan Pembangunan itu telah menyiapkan antisipasi dan program bagi ketiga sekolah dasar yang belum mendapatkan siswa tersebut. 

"Salah satunya dengan membuat kegiatan yang mampu menarik minat calon siswa, sehingga diharapkan ke depan seluruh SDN di Tuban bisa memiliki siswa," pungkasnya. [Ali]