Nyambi Ternak Kambing, Polisi di Tuban Kebanjiran Pesanan Kurban Jelang Idul Adha

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Berawal dari hobi salah satu polisi di Kabupaten Tuban berhasil nyambi menjadi peternak kambing. 

Polisi tersebut bernama Iptu Suparto saat ini ia menjabat sebagai Kasat Polairud Polres Tuban. Menjadi peternak kambing bukanlah hobinya kemarin sore, namun sudah menjadi hobinya sejak kecil. 

Beternak kambing digunakan Suparto untuk mengisi waktu luang dan mencari penghasilan tambahan serta membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Tujuannya tidak lain untuk mengurangi pengangguran.

"Untuk mengurus kandang kambing ini sekarang saya sudah tidak sendiri lagi. 

Saya dibantu dua warga sekitar untuk menyiapkan makan, minum, hingga membersihkan kandang," ujar Suparto kepada wartawan, Rabu (21/06/2023). 

Pria berusia 55 tahun ini menambahkan, awalnya ia hanya memiliki delapan ekor kambing. Namun kini di kandang miliknya yang terletak di Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, itu terus berkembang hingga menjadi 61 ekor kambing.

"Kambing awalnya delapan ekor, lalu berkembang hingga mencapai 61 ekor. Jenis kambing yaitu jawa randu dan domba gibas. Penjualan ke masyarakat untuk aqiqoh atau hajatan lain, juga untuk kurban idul Adha. Permintaan untuk idul Adha hampir setiap hari ada," imbuhnya.

Mendekati idul adha seperti ini, menjadi berkah tersendiri bagi Suparto sebab ia bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah, dari penjualan kambing tersebut. 

"Tingginya permintaan kambing kurban membuat peternakan saya kewalahan. Seluruh kambing milik saya sudah terjual dengan harga Rp3 juta sampai Rp4 juta rupiah per ekor. Para pembeli menitipkan sementara hingga Idul Adha nanti," bebernya.

Walaupun nyambi beternak kambing, pekerjaannya sebagai polisi tak pernah terganggu, karena prioritas utamanya tetap mengabdi untuk negara. Sedangkan beternak kambing hanya ia lakukan di sela-sela kesibukannya sebagai polisi. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS