Kemarau Tiba, Polres Tuban Bagikan 10 Ribu Air Bersih di Desa Ngandong

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke 77 Polres Tuban membagikan 10 ribu liter air bersih di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban pada Selasa (20/06/2023). 

Diketahui di Desa Ngandong merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Tuban yang letak geografisnya di dataran tinggi. Pada musim kemarau, warga desa kesulitan mendapatkan air bersih.

Saat pembagian air bersih berlangsung nampak warga yang mengantri menggunakan berbagai peralatan seperti gentong, jerigen, ember untuk menabung air bersih dari Polres Tuban. 

baca juga:

Cegah Kekeringan, PDAM Tuban Tambah 1 Sumur

 

Wakapolres Tuban Kompol Palma Fitria Fahlevi, saat pimpin pemberian bantuan air mengatakan Polres Tuban akan berkomitmen selalu hadir ditengah masyarakat untuk ikut membantu dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat.

"Pada kesempatan hari Bhayangkara ini kami memberikan bantuan berupa air bersih untuk membantu warga desa ngandong ini yang kesulitan air bersih," ucap Wakapolres Tuban Kompol Palma Fitria Fahlevi kepada wartawan. 

Pria yang akrab disapa Palma ini, berharap kedepan kegiatan seperti itu bisa terus dilaksanakan oleh Polres Tuban dengan rutin, guna membantu kebutuhan air bersih dari warga dataran tinggi.

"Apa yang kita lakukan hari ini mudah-mudahan bisa memberi manfaat bagi masyarakat Desa Ngandong ini," imbuhnya. 

Sementara itu Kepala Desa Ngandong Suiswanto mengatakan kalau wilayah yang ia pimpin merupakan satu-satunya desa yang tidak mempunyai sumur, hingga pada tahun 2019 mulai dilakukan pengeboran hingga tahun 2021 dan keluar airnya. Akan tetapi belum sesuai yang dibutuhkan karena debit air yang keluar hanya sekitar 1,2 liter per detik.

baca juga:

8 Kecamatan di Kabupaten Tuban Rawan Kekeringan, Warganya Diimbau Hemat Air

"Sampai saat ini di Desa esa Ngandong masih ada tiga RT yang belum mendapatkan aliran air bersih," ujar Suiswanto.

Lebih lanjut Suiswanto mengucapkan terimakasih atas bakti sosial pembagian air bersih dalam rangka hari Bhayangkara yang diselenggarakan oleh Polres Tuban. 

"Karena seingat saya selama saya menjabat, setiap ada Kapolres baru yang menjabat di Tuban selalu berkunjung di Desa Ngandong," tuturnya.

Suiswanto berharap kedepan dengan program pengeboran dari pemerintah bisa terealisasi, agar semua warga Desa Ngandong bisa teraliri air bersih.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya

di GOOGLE NEWS