Begini Cara Membuat Tom Yam Seafood Ala Rumahan, Dijamin Ketagihan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini banyak kuliner dari mancanegara yang dijajakan di berbagai resto tanah air. Seperti halnya kuliner khas Thailand, yang kini marak di Indonesia, yaitu Sup Tom yam.

Bagi kalian yang hobi makan tomyam di restoran, sekarang bisa coba membuatnya sendiri di rumah. Pasalnya,  saat ini makanan bercitarasa pedas ini sangat mudah  untuk didapatkan,  yang tentunya dapat disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Salah seorang pecinta Tom yam, Erviana mengatakan untuk membuat bumbu dari makanan berwarna merah tersebut, memerlukann  bahan-bahan dapur yang umum. Seperti halnya bawang merah, bawang putih, cabai  kering, batang serai, lengkuas,minyak goreng, daun jeruk, daun salam, salam, garam, gula, penyedap rasa, kecap ikan dan  juga air.

baca juga:

Resep Seblak Mang Rafael yang Sedang Viral di TikTok

 

“Sebenarnya sekarang sudah ada  bumbu instan untuk membuat Tom yam, tapi biasanya bumbunya  cabai, bawang merah, bawang putih yang dihaluskan,” ujarnya  kepada  blokTuban.com, Senin(19/7/2023). 

Setelah bumbu dihaluskan, selanjutnya, bumbu ditumis di dalam wajan yang sudah berisi minyak panas.  Kemudian, tambahkan serai, daun jeruk,  daun salam, serta  lengkuas dan tumis  hinngga layu, lalu tambahkan air sesuai  dengan kebutuhan .

Berikutnya, barulah masukkan bahan-bahan sebagai isian Tom Yam, seperti halnya udang, dumpling, bakso ikan,  sosis, jamur, hingga sayur-sayuran sesuai dengan  selera.

baca juga:

Resep Membuat Sarden Homemade dari Ikan Pindang

“Biasanya kalau untuk isian, tergantung selera tapi umunya pakai udang, bakso ikan sama sayuran seperti sawi putih,” katanya.

Jika seluruh isian sudah dimasukkan, maka selanjutnnya  ialah memberikan bumbu sebagai bahan pelengkap,  mulai dari penyedap rasa, garam, perasan  jeruk maupun gula pasir.

“Kalau  sudah  dimasukkan semua, maka tinggal mengoreksi rasa dan Tom yam  siap untuk dinikmati,”  tutupnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS