Baik Untuk Kesehatan, Donor Darah Saat Puasa Bikin Batal?

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Donor darah merupakan salah satu kebaikan yang dapat dilakukan untuk orang lain, lantaran dapat membantu orang-orang yang sedang membutuhkan. Biasanya, saat donor darah jarum suntik akan dimasukkan ke dalam tubuh, untuk proses pengambilan darah.

Namun, apakah saat sedang berpuasa seseorang tetap boleh mendonorkan darahnya? Mengingat saat donor darah dilakukan harus melalui proses injeksi terlebih dahulu, sehingga dikhawatirkan dapat membatalkan puasa.

Kepada blokTuban.com, Humas Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tuban, Sardju Effendi mengatakan jika donor darah bagi orang yang sedang menunaikan ibadah puasa, tidak membatalkan ataupun mengurangi kesempurnaan ibadah puasa.

“Secara agama donor darah siang hari atau saat puasa, hukumnya tidak apa-apa mbak dan diperbolehkan menurut MUI (Majelis Ulama Indonesia),” paparnya saat dikonfirmasi, Senin (10/4/2023).

Bahkan, keutamaan mendonorkan darah oleh orang yang sedang berpuasa, kepada orang yang membutuhkannya merupakan amal shaleh, yang pahalanya lebih besar dibandingkan dengan amal shaleh yang dilakukan di luar Bulan Ramadan.

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Sardju ini mengatakan bahwa terdapat beberapa waktu, yang dianjurkan bagi pendonor darah yang sedang berpuasa.

“Kalau untuk Bulan Ramadan, donor darah baik dilaksanakan saat sore hari menjelang buka puasa, atau bisa juga dilakukan pada saat malam hari,” jelasnya.

Meski begitu, bukan berarti melakukan donor darah pada waktu pagi dan siang hari tidak diperbolehkan. Hanya saja, dikhawatirkan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Lebih lanjut, Sardju juga menyarankan agar sebelum melakukan donor darah, maka sebaiknya pendonor memperbanyak minum air putih pada  malam harinya.

“Sebenarnya dilakukan pasa pagi atau siang hari tidak apa-apa, bagi para pendonor darah yang sudah biasa donor darah. Namun, juga demi menjaga kesehatan para pendonor,   kami sarankan untuk sore atau malam hari,” katanya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS