Belajar dari 2 Kasus Terseret Arus Banjir di Tuban, Penting Perhataikan 4 Poin Safety Riding!

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Dalam jangka waktu 4 bulan terakhir, terdapat dua kasus pengguna jalan yang terseret oleh arus sungai di Kabupaten Tuban.

Kasus pertama yaitu satu keluarga pengguna sepeda motor harus hanyut di sungai perbatasan Desa Mojomalang dan Desa Sendangrejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban saat  Saat hendak menerobos banjir, Pada Rabu (21/12/2022), korban kejadian tersebut terdiri dari ayah, ibu dan satu anak kecil perempuan. Akibat kejadian tersebut dua orang terdiri dari ibu dan anak perempuan meninggal dunia.

Sedangkan kejadian kedua yaitu Sebuah kendaraan low cost green car (LCGC), yang dikendarai dua bersaudara, harus terperosok kesungai, saat hendak menerjang banjir di Dusun Banaran, Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan, pada minggu Minggu (1/04/2023). Akibat kejadian peristiwa naas itu, dua orang saudara harus meregang nyawa karena terjebak dalam mobil.

Baca juga:

Satu Keluarga di Tuban Hanyut, Ayah dan Ibu Ditemukan Sedangkan Anak Hilang

Melihat beberapa kejadian tersebut Kanit Kamsel Satlantas Polres Tuban Ipda Agus Eka  memberikan beberapa tips safety riding ketika jalanan sedang terendam banjir. Menurutnya Ada 4 Hal yang perlu diperhatikan saat berkendara dalam kondisi jalan tergenang banjir.

“Ada 4 hal mas yang perlu di perhatikan saat berkendara di jalan yang tergenang air,” ujar Kanit Kamsel Satlantas Polres Tuban Ipda Agus Eka kepada blokTuban.com, Selasa (4/4/2023).

4 hal tersebut yaitu pertama, sebelum menerjang banjir, pastikan rute yang ingin dilewati sudah familiar atau dipahami, untuk menghindari terkena lubang atau terjeblos ke selokan saat menerobos banjir.

Kedua, sebelum terabas banjir, pastikan kendaraan sudah fit, terutama bagian cop atau kepala busi, kalau rusak bisa bikin kendaraan mogok saat terabas banjir.

Ketiga saat menerabas banjir naik motor, saat pengereman juga ada tekniknya. Usahakan gunakan rem belakang lebih banyak daripada rem depan, untuk meminimalisir tergelincir saat menerabas banjir.

Baca juga:

Mobil di Tuban Terperosok dan Hanyut di Sungai, Dua Orang Dikabarkan Hilang

Ke empat, saat terabas banjir hindari aliran sungai atau got yang besar. Pilih jalur yang jauh dari aliran sungai atau got, takutnya saat arus deras, kendaraan ikut terbawa arus.

Namun perwira pertama itu tetap menyarankan untuk tidak memaksakan diri untuk melintas ketika jalanan sudah tergenang air tinggi. Lebih baik putar balik dan cari jalan yang lebih aman, untuk menekan risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Jika genangannya tinggi lebih baik cari jalan lain yang lebih aman,” imbuhnya.

Selin itu untuk batas aman melewati genangan air yang merendam jalan yaitu tidak melewati dari setengah ban kendaraan.

“Jika lebih tinggi dari setengah ban, ada risiko gelombang air yang deras, dan air bisa masuk ke dalam mesin,” tutupnya.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS